Sony Resmi Gaet Lisensi dari Satu Game Eksklusif Microsoft

in , , ,

Pada bulan Agustus kemarin, Sony telah resmi mengakuisisi seutuhnya satu developer game Marvel’s Spider-Man, yakni Insomniac Games. Percaya tidak percaya, hal ini nampak telah memberi Microsoft suatu hantaman kecil. Karena apa ? Bentuk pengakuisisian yang resmi menjadikan Insomniac Games sebagai developer first-party tersebut rupanya sudah membuat Sony jadi punya hak terhadap seluruh karya-karya game yang sudah Insomniac ciptakan.

Termasuk untuk Sunset Overdrive, yang notabenenya merupakan game buatan Insomniac yang sempat rilis secara eksklusif di platform Microsoft di tahun 2014 lalu. Sony pun kabarnya bisa membawa game action open world itu rilis di platform Playstation dengan catatan apabila mereka memang mau. Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Shuhei Yoshida selaku presiden Sony Interactive Entertainment melalui lansiran info dari pihak Inside Games.

Game Sunset Overdrive di platform Steam

Sayangnya, beliau nampak tidak punya begitu banyak ketertarikan dalam membawa langsung IP game ini ke platform Playstation. Yoshida justru rupanya lebih ingin Insomniac untuk berfokus dalam menciptakan sejumlah seri game baru yang dimana tidak menutup kemungkinan merupakan sebuah sekuel, spinoff ataupun seri spiritual suksesor dari game Sunset Overdrive. Sementara untuk Microsoft, setidaknya mereka masih tetap punya hak dalam mendistribusikan game tersebut di platformnya, baik itu di konsol Xbox One maupun PC (via Microsoft Store dan Steam).

Koleksi game-game eksklusif yang dimiliki oleh Microsoft harus diakui memang masih terasa inferior bila dibandingkan dengan apa yang sudah dipunyai oleh Sony Playstation. Baik dari kualitas maupun kuantitasnya, jelas ini seolah menjadi satu PR penting bagi Microsoft atau Xbox Game Studios. Di saat mereka sedang sibuk berbenah dan memulainya terlebih dahulu dengan meleburkan diri ke pasar dunia game-game PC, Sony perlahan tapi pasti telah semakin mantap untuk menegaskan posisinya dalam memproduksi berbagai macam game eksklusif.

Sumber: Inside Games (via Push Square)


Baca pula informasi lain terkait Sony, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]