Sony Umumkan AI Terbaru di Gran Turismo yang Bisa Tandingi Pemain Pro

QFXSqiatdJyM4sy9EkEQom

Jelang perilisan Gran Turismo 7 pada bulan Maret mendatang, Polyphony Digital sebagai tim developer Gran Turismo series nampaknya kembali hadirkan sebuah kejutan untuk para fans.

Karena setelah penampilan akan gameplay serta penjelasan yang mendalam tentang Gran Turismo 7, kini Sony AI, Polyphony Digital, dan Sony Interactive Entertainment berhasil bekerja sama untuk menghasilkan sebuah AI bernama Gran Turismo Sophy.

Pengembangan Gran Turismo Sophy ini mulanya dikembangkan pada tahun 2020, lalu pada saat memasuki tahun 2021 proyek Gran Turismo Sophy tersebut diluncurkan untuk menyaingi para pemain profesional Gran Turismo Sport. Di antaranya seperti melawan sang juara dunia Gran Turismo Championship Takuma Miyazono, Shotaro Ryu, Igor Fraga, Emily Jones, dan lainnya.

Pengembangan Gran Turismo Sophy dari nol hingga melawan pemain kelas profesional seperti Takuma Miyazono dan kawan-kawan mampu berhasil berkat dari kontribusi tim Sony AI, Polyphony Digital, dan Sony Interactive Entertainment berikan.

Seperti menggunakan teknik deep reinforcement learning, perkembangan algoritme, beragam pelatihan skenario dari Sony AI, Gran Turismo Sport sebagai game yang mereka gunakan, dan memanfaatkan SIE cloud gaming untuk pelatihan berskala besar.

Berdasarkan sebuah film dokumenter perjalanan pengembangan AI tersebut, pada saat pertama kalinya diluncurkan untuk melawan pemain profesional, Gran Turismo Sophy mampu melawan para pemain profesional dengan skor yang cukup dekat, yakni 86 dan 70 poin.

Lalu pada balapan ke dua yang dilakukan pada bulan Oktober tahun 2021, Gran Turismo Sophy mampu mengalahkan pemain profesional dari Jepang dengan skor yang terbilang jauh, yakni 104 poin untuk Gran Turismo Sophy, dan 57 poin untuk para pemain GT Sport profesional asal Jepang.

Dengan munculnya suatu AI yang memiliki kemampuan untuk bersaing dengan para pemain pro, tidak menutup kemungkinan para gamer dan fans nampaknya mampu mengembangkan kemampuan mereka agar mampu bersaing dengan orang lain atau AI agar mampu menghasilkan waktu lebih cepat.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada kabar apakah AI tersebut akan muncul pada Gran Turismo 7 nanti. Karena Polyphony Digital sendiri belum mengumumkan secara resmi apakah mereka akan hadirkan Gran Turismo Sophy pada game balap teranyar mereka.


Baca lebih lanjut tentang Gran Turismo, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version