10 Sound Effect Game Ikonik yang Pasti Gamer Tahu Darimana Asalnya

sound effect game

Video Game Sound Effect – Jika kita berbicara tentang game secara universal, game itu setidaknya memiliki beberapa unsur penting seperti karakter, grafis, musik, storyline dan masih banyak lain. Kita sebagai gamer biasanya lebih mudah mengingat sebuah judul game dari karakternya yang ikonik seperti Cloud dari FFVII.

Namun ada salah satu elemen di dalam sebuah game yang jikalau dipikir-pikir sebenarnya simpel, tapi beberapa pembuat game ada yang sukses membuat sebuah elemen simpel ini menjadi sebuah hal yang ikonik. Yup, elemen yang dimaksud kali ini adalah sound effect atau orang biasanya menyebut SFX.

Sound Effect Game Ikonik yang Pasti Tau Gamer Tahu Darimana Asalnya

Sederhana Namun Detail

Disini penulis akan menyajikan 10 sound effect game yang paling ikonik sepanjang sejarah game hingga saat ini. Tanpa basa basi lagi langsung saja kita bahas.

1. Alert Sound (Metal Gear Solid)

Metal Gear Solid

Kita mulai list ini dari sound effect game yang paling sering orang dengar saat ini, yaitu Alert Sound Metal Gear Solid. Jika orang yang tidak hobi bermain game mendengar SFX ini, mereka akan berfikir ini pasti suara yang sering dipakai di kanal YouTube untuk membuat konten.

Tapi untuk gamer, efek suara ini sangatlah terkenal. Bahkan gamer yang tidak memainkan game Metal Gear Solid pun tau kalau sound effect ini berasal dari game buatan Hideo Kojima ini.

2. Start Countdown (Gran Turismo)

Gran Turismo

Jikalau kita berbicara tentang game balapan simulator, yang terlintas di kepala kita pasti adalah Start Countdown Gran Turismo. Game super ambisius ini memang sudah tidak diragukan lagi di pencinta simracing.

Gran Turismo saat ini sudah memasuki seri ketujuhnya. Tapi sadarkah kalian kalau sound effect untuk menghitung mundur balapan dimulai pada game ini sama sekali tidak pernah berubah hingga saat ini. Tidak tahu apa alasannya, yang jelas SFX tersebut berhasil menjadi sesuatu yang ikonik di seri game ini.

3. Collecting Coins (Super Mario Bros)

Super Mario Bros

Siapa yang tidak tau game legendaris Nintendo ini. Game 8-bit jadul yang sukses melebarkan sayapnya ke seluruh dunia hingga banyak sekali game Mario Bros bermunculan sampai sekarang.

Kembali lagi ke Super Mario Bros, di game ini banyak sekali SFX yang sangat ikonik. Namun jikalau penulis ditanya sound effect apa yang paling ikonik di game Super Mario Bros ini, penulis akan memilih suara ketika Mario atau Luigi mengambil atau meraih coins.

Mengapa demikian? Karena selain sound effect game ini masih terus dipertahankan, banyak sekali para pembuat game memakai style suara ini untuk dipakai di game mereka. Tidak hanya pembuat game saja, composser musik pun juga memakai suara ini di musik bertema 8-bit mereka.

4. Sonic Ring (Sonic The Hedgehog)

Rings di Game Sonic Frontiers

Sama halnya dengan game nomor 3 diatas, Sonic The Hedgehog juga masih mempertahankan SFX ini di game Sonic mereka entah itu versi terbaru ataupun versi balapannya.

Jikalau SFX ini di gantikan, mungkin akan terasa hampa karena menurut penulis tanpa suara ini tidak bisa disebut game Sonic. Meskipun hanya sebuah suara yang simpel, namun hal yang itulah yang membuat game Sonic The Hedgehog ini begitu ikonik dan spesial di para penggemarnya.

5. Victory Fanfare (Final Fantasy)

Final Fantasy VII Remake

Seri Final Fantasy adalah salah satu franchise game RPG yang terkenal hingga saat ini. Namun jika kita tarik mundur waktu ke seri Final Fantasy 7 di konsol PS1, sound effect Victory Fanfare di franchise game ini pastinya sudah tidak asing lagi.

Namun jika tarik mundur waktu lebih jauh lagi atau lebih tepatnya Final Fantasy 1, suara ini ternyata sudah dipakai di versi NES. Sedikit trivia, SFX ini juga dipakai sebagai ringtone HP di movie Final Fantasy 7 lho.

6. Hadouken (Street Fighter)

Street Fighter

Game Fighting pun tak mau ketinggalan ke dalam list kali ini. Street Fighter menjadi pilihan karena bisa dikatakan game ini adalah tonggak game fighting di dunia esports.

Jikalau ditanya sound effect apa yang ikonik di game ini, jurus Hadouken milik Ryu lah menjadi jawabanya. Selain karakter Ryu sendiri yang memang sudah ikonik, suara Hadouken ini tidak pernah diganti.

Saat ini seri Street Fighter sendiri sudah mencapai seri keenam. Kita tidak tahu suara Hadouken milik Ryu ini akan bertahan mengingat penampilan Ryu sendiri di dalam game ini terlihat semakin tua.

7. Pac-Man Eating (Pacman)

Pacman

Game nya yang simpel namun mudah diingat. Kalimat tersebut sudah sangat menjelaskan bagaimana game emote titik dua V ini begitu ikonik.

https://youtu.be/V67jczbCG-A

Suara ketika Pacman memakan titik atau makanan yang tersedia di stage yang disediakan menjadi salah satu suara yang begitu ikonik yang pastinya tidak ada game diluar game Pacman yang menggunakan suara ini. Tanpa melihat gameplaynya pun, gamer pasti tau kalau suara tersebut dari Pacman.

8. Finish Him! (Mortal Kombat)

Mortal Kombat

Game fighting sadis ini juga tak mau ketinggalan masuk ke list ini. Satu hal yang perlu kalian ketahui. Tanpa sound ini, maka tak akan tercipta juga apa itu Fatality.

Dulu, suara Finish Him ini masih belum begitu bagus karena dulu mungkin audio game Mortal Kombat ini yang dihasilkan tidak begitu bagus. Jika dibandingkan dengan sekarang, efek suara ini sudah memiliki karakteristik nya sendiri yang jikalau dirubah sedikit gaya pengucapannya, pasti akan ketahuan.

9. Oof (Messiah)

Messiah

Suaranya ikonik, namun tidak dengan gamenya. Bahkan banyak gamer yang baru tahu bahwa sound effect ini berasal dari sebuah game jadul. Sekilas info saja, game Messiah ini hadir pada tahun 2000 yang hadir di PC ini mendapatkan rating yang sangat jelek dan menjadi tidak terkenal.

Momen suara oof Messiah ini muncul ketika karakter malaikat bernama Bob yang kita mainkan terlempar dari bumi menuju bulan. Namun alih-alih mendarat dengan sempurna, karakter kita malah mantul seperti bola dan mengeluarkan suara ‘oof’ ini. Sampai sekarang, sound effect game ini masih dipakai untuk penggunaan konten meme.

Varian oof lainnya biasa digunakan dari game Minecraft juga. Sama halnya dengan versi Messiah, oof Minecraft juga sering digunakan oleh banyak orang terlebih pada konten-konten video meme.

10. Reporting Body (Among Us)

Among Us

Akhirnya sampailah kita di poin akhir SFX game ikonik ini. Game yang sempat ramai pada saat pandemi lalu juga mendapat tempat di list kali ini. Game tuduh-tuduhan ini memang sudah selayaknya mendapat tempat di hati di para gamer.

Tidak hanya tentang gamenya, suara Reporting Body Among Us ini pun juga sangat memorable. Penulis bisa katakan, semua suara di game ini semuanya ikonik. Namun jika harus memilih satu, report death adalah jawabannya. Selain ikonik, suara ini juga bikin kaget para pemain dikala sedang mengerjakan task yang diberikan.

Jadi itulah 10 sound effect game yang ikonik yang bisa penulis bisa hadirkan kepada kalian. Meskipun hanya suara yang sangat singkat, namun suara tersebut tidak bisa luput dari indra pendengaran kita sebagai gamer.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Soundtrack atau artikel keren lainnya dari Ifan Frans. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version