Spesifikasi PC untuk Live Streaming buat Kalian yang Ingin Merintis Jadi Konten Kreator

Pc Untuk Live Streaming

Spek PC untuk Live Streaming – Menjadi seorang livestreamer yang bermain game di zaman sekarang bisa dikatakan sangatlah mudah. Hanya berbekal sedikit saja ilmu mengutak-atik aplikasi broadcasting seperti OBS, kalian sudah bisa menjadi seorang streamer.

Namun bagaimana dengan komponen PC untuk melakukan streaming-nya? Apakah butuh PC khusus yang terpisah dengan PC gaming? Sejatinya, kalian tidak butuh PC secara terpisah. Meski banyak kita lihat diluar sana streamer yang memang memisahkan PC live streaming mereka dengan PC gaming. Nyatanya tanpa dipisah pun hal ini masih bisa dilakukan.

Tapi bagaimana dengan spesifikasinya. Apakah ada yang harus diperhatikan jika ingin merakit PC untuk live streaming. Jawabannya bisa iya dan bisa juga tidak. Tergantung dari game apa yang ingin kalian mainkan serta ekspektasi kalian seperti apa.

Namun jika kalian bingung, berikut ada sedikit panduan untuk merakit PC live streaming yang mungkin kalian bisa jadikan acuan. Tanpa berbasa-basi lagi mari langsung kita mulai saja pembahasannyasoal spesifikasi PC untuk live streaming.

Spesifikasi PC untuk Live Streaming

Spesifikasi PC untuk live streaming

Maksud spesifikasi PC live streaming yang kami implikasikan adalah beberapa komponen yang kalian jangan sampai salah pilih. Mengingat PC kalian akan digunakan untuk melaksanakan encoding video streaming dan bermain game sekaligus. Tentu ada beberapa pemilihan hardware yang mempengaruhi kinerja PC kalian nantinya. Apa saja itu, mari kita mulai dari otak sang PC itu sendiri.

Sedikit catatan: Beberapa saran dan rekomendasi ini hanya sebatas opini penulis yang bisa saja kurang tepat untuk kalian. Artikel ini dimaksudkan untuk menjadi acuan awal sebelum kalian melakukan riset lebih dalam lagi soal komponen yang cocok bagi kalian. Karena sejatinya membeli komponen PC itu butuh pertimbangan yang matang dan informasi dari berbagai sumber agar kalian tidak mendapatkan opini dari satu pihak saja. 

CPU atau Prosesor

Otak dari komputer streaming dan gaming kalian

Prosesor sangat berpengaruh terhadap kelancaran kalian bermain game sambil streaming. Apalagi jika kalian ingin melakukan streaming game dengan build yang pas-pasan pula. Setidaknya harus paham beberapa istilah dasar prosesor seperti Core atau Thread. 

Game modern sekarang sudah bisa menggunakan beberapa core sekaligus untuk menjalankan gamenya. Hingga tentu kita maunya tidak semua kinerja prosesor terpakai oleh software gamenya. Kita ingin ada beberapa core yang tersisa untuk bisa software OBS atau sejenisnya gunakan. 

Maka dari itu, pastikan untuk gunakan seminimal mungkin prosesor 4 Core 8 Thread untuk kinerja seperti ini. Alangkah baiknya jika kalian menggunakan prosesor 6 Core 12 Thread  karena kebanyakan game bisa berjalan di 4 core dan 2 core sisanya bisa digunakan oleh aplikasi untuk live streaming PC seperti OBS. Ini baru saja soal jumlah core, belum lagi ketika kita membahas clock speed hingga IPC yang lebih teknis. Pembahasan yang ribet seperti itu nanti akan kami paparkan di artikelnya secara mendalam.

Memang secara teknisnya kalian masih bisa streaming dengan lancar menggunakan prosesor 3-4 generasi lalu yang masih menggunakan 4 Core. Hanya saja teknologi semakin berkembang setiap tahunnya, game pun menjadi semakin berat. Biar kalian tidak sering melakukan upgrade, mending nabung dikit lagi untuk beli yang lebih mumpuni.

RAM

RAM yang diperlukan

Soal kapasitas RAM yang sewajibnya ada di spek PC untuk live streaming kalian. Jawabannya pun tidak begitu gampang. Dengan semakin meningkatnya standar jumlah RAM yang dibutuhkan di tahun 2023 ini, tentu RAM yang dibutuhkan sudah berbeda jauh dibanding game 1-2 tahun lalu misalnya. Terlepas dari isu optimalisasi buruk atau tidak, nyatanya memang menurut spesifikasi yang diumbar oleh developer terlihat menyiksa bagi mereka yang punya spek kapasitas RAM mepet.

Jadi berapa RAM yang cukup untuk bermain game sambil streaming? Karena jawaban yang sangat bervariatif, maka penulis dengan berat mematok minimal 8GB hingga 32GB untuk PC kalian. Semakin tinggi tentu semakin baik, hanya saja budget yang kalian keluarkan tentu bertambah. Jadi kalian bisa saja ambil sweet spot di 16GB sudah cukup untuk kebanyakan game triple A di tahun 2023 sekalipun.

VGA atau Kartu Grafis

Kartu grafis yang diperlukan

Soal ini lebih susah lagi menjawabnya. Karena penulis tidak tahu kalian memainkan game seperti apa, maka penulis hanya bisa menebak-nebak apa yang sekiranya cocok di tahun 2023 ini. 

Untuk soal VGA setidaknya penulis bisa mengatakan kalian hanya bisa memilih dari vendor NVIDIA dan AMD meskipun ada Intel ARC series. Alasannya karena Intel masih belum stabil brand serta softwarenya untuk digunakan harian tanpa adanya masalah. Ditambah dengan dukungan game dibawah DX12 hanya sebatas emulasi yang tentu mengurangi performa.

Seminimnya kalian masih bisa menggunakan GTX 1060 atau RX 580 agar masih bisa memainkan game terbaru. Kedua VGA itu juga masih terjangkau harganya namun perlu diperhatikan jika banyak beredar produk refurbish untuk seri RX 580 jadi mending kalian lebih hari-hati dalam membeli.

Namun jika kalian ingin sesuatu yang baru bisa melirik GTX 1650 atau RX 6500. Namun perlu diperhatikan AMD RX 6500 tidak punya H.264 encoding bawaan jadi performa akan sedikit menurun karena encoding harus mengandalkan CPU.

Peripheral Streaming Lainnya

Peripheral seperti mikrofon dan lain-lain

Soal streaming tentu kalian butuh selain PC saja. Beberapa komponen yang wajib tidak lain adalah webcam dan mikrofon. Untuk kalian yang baru merintis tidak perlulah menggunakan komponen yang terlalu mahal.

Cukup webcam yang mumpuni saja dengan bantuan ring light untuk pencahayaan. Namun kalau soal audio tentu harus baik. Karena pada dasarnya penonton lebih betah jika audionya bagus namun videonya burik dibanding kebalikannya. Jadi saran penulis kalian bisa membeli mikrofon yang punya budget 400-600 ribu dan dengan sedikit tuning equalizer dan gain, kalian sudah bisa mendapatkan suara ala podcast.

Jadi itulah beberapa spesifikasi PC untuk live streaming yang perlu diperhatikan ketika kalian merakit PC untuk gaming dan live streaming. Apakah informasi ini membantu, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version