7 Spesifikasi Laptop yang Harus Dihindari di Tahun 2023

Spek Laptop yang Harus Dihindari

Spesifikasi Laptop yang Harus Dihindari – Di tahun 2023 ini, kebutuhan akan laptop semakin tinggi. Pekerjaan sekarang sudah bisa dilakukan dengan remote dan tidak melulu harus datang ke kantor. Pulihnya pandemi ini berarti membuka peluang semakin banyak orang membutuhkan pekerjaan yang mobile.

Tapi, memilih laptop untuk dijadikan sebagai pendamping pekerjaan tentu tidak boleh asal beli. Karena ia adalah partner kita untuk beberapa tahun kedepan, sudah sebaiknya spesifikasi yang kita pilih mumpuni di tahun 2023 dan terus sampai 5 tahun atau lebih.

Bagaimana cara kita memilih spesifikasi laptop yang tepat agar tidak ketinggalan zaman? Mengingat dalam sebuah laptop ada beberapa komponen yang saling bergantung satu sama lain, tentu memilih laptop yang sempurna di mata pembeli hampir bisa dipastikan tidak mungkin.

Tips Memilih Spesifikasi Laptop yang Harus Dihindari di 2023

Bagaimana memilih laptop yang benar

Cara paling tepat untuk ditempuh ialah menghindari spesifikasi yang terlampau jadul dan sudah tidak lagi relevan dengan zaman. Untuk itu, artikel ini akan memberitahukan spesifikasi laptop yang harus dihindari di tahun 2023 agar tidak salah beli.

Tidak perlu berbasa-basi, mari kita mulai saja pembahasannya mulai dari:

1. Spesifikasi Laptop 2023 yang Baik, Hindari Dual Core!

Minimal gak dual core

Kalau PC masih menggunakan Dual Core sebagai prosesor masih dapat dipahami. Tapi kalau sudah berurusan dengan laptop. Hindari apapun yang berbau Dual Core mulai dari Intel Celeron atau AMD 3020e beserta keluarganya.

Pekerjaan di masa sekarang yang serba multi-tasking ini setidaknya membutuhkan 4 core agar tidak terasa lambat. Jadi kalau mau laptop kalian digunakan dalam jangka waktu panjang, sebaiknya hindari yang seperti itu.

2. RAM Tidak Bisa Upgrade? Tinggalkan!

Cari yang ada slot RAM tambahan

Laptop yang RAM masih solder dan tidak bisa di-upgrade? Itu juga masuk ke spesifikasi laptop yang dihindari. Karena kebutuhan akan RAM tiap tahunnya pasti akan terus bertambah. Di tahun 2023 ini 4GB sudah dianggap kecil dan tidak cukup untuk kerjakan aktivitas berat.

Jadi, pastikan laptop yang kalian beli bisa di-upgrade agar lebih leluasa mengerjakan pekerjaan berat seperti Photoshop atau apapun itu.

3. Untuk Kenyamanan Sebaiknya Layar 768p Jangan Dibeli

Minimal 1080p biar tidak burik

Laptop yang masih bajet biasanya masih menggunakan layar TN dengan warna yang kusam. Kalau sudah begitu setidaknya yang kalian pilih sudah harus layar 1080p dan jangan masih menggunakan 768p.

Selain lebih enak dipandang, layar yang sudah Full HD juga lebih membantu untuk pekerjaan. Mata tidak gampang capek melihat layar karena sudah tidak burik. Kalau mau menjaga kesehatan mata, cara ini paling gampang dilakukan brott.

4. Spesifikasi Laptop Harus Dihindari, Tidak ada Slot SATA/NVMe Tambahan

Harus ada slot penyimpanan ekstra

Pastikan laptop yang kalian beli ini sudah mendukung slot SATA/NVMe tambahan. Bukannya apa, tapi sudah bisa dipastikan penyimpanan internal yang dimasukkan ke laptop tersebut tidaklah berjumlah besar. Otomatis kalian suatu waktu akan membutuhkan harddisk atau SSD yang lebih besar.

Kalau ada slot kedua tentu tinggal kalian beli saja penyimpanan baru. Kalau tidak ada, waduh sulit mengakalinya. Kalian harus backup data dulu, baru bisa ganti penyimpanan lama ke HDD/SSD baru, kemudian pindahkan data backup ke penyimpanan baru, wuilah ribet pokoknya.

5. eMMC Sudah Ketinggalan Zaman

Jangan pakai eMMC

Sekarang sudah eranya SSD. Hingga kalau masih ada laptop yang pakai eMMC sebagai storage utama, alangkah baiknya tinggalkan dan pergi jauh-jauh. Selain lambat, eMMC juga tidak dapat diupgrade.

Biasanya laptop dengan eMMC tidak mengizinkan untuk ditambah penyimpanannya karena tidak ada slot SSD/HDD. Jadi, kalau ada data tambahan yang tidak muat, mau tidak mau kalian harus pakai penyimpanan external.

6. Usahakan Port USB Lebih dari 2

Setidaknya ada 3 walaupun satunya USB C

Siapa yang tidak bisa pakai trackpad di laptop dan aneh rasanya mengetik di papan ketik chiclet laptop? Kalau kalian orang yang butuh mouse dan keyboard external seperti penulis, usahakan membeli laptop yang minimal punya 3 atau lebih port USB. Kalau tidak, selamat menikmati hidup penuh dongle dan USB hub.

7. Pekerjaan Render Visual Berat, Hindari Integrated GPU

Mau RTX atau RX tidak apa-apa

Laptop yang kalian rencanakan beli apakah akan digunakan untuk render visual berat? Kalau iya, berarti sebaiknya hindari laptop yang gunakan integrated GPU seperti Intel HD atau AMD Vega.

Memang dengan begitu bajet buat laptop akan naik drastis, tidak itu juga berarti kalian tidak akan kewalahan dalam melakukan aktivitas pekerjaan kalian karena laptop sudah mumpuni. Jadi, jangan malah niatnya hemat biar untung jadinya malah buntung.

Itulah sekian banyak tips yang bisa kalian gunakan agar tahu spesifikasi laptop harus dihindari seperti apa. Apakah kalian sedang mencari laptop? Atau malah sedang berencana rakit PC? Beri komentar kalian di bawah ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version