Spider-Man Nostalgia dengan Game Superhero Legends Terbaik di Playstation 1!

in ,

Siapa sih yang sekarang ini tak mengenal Spider-man. Karakter superhero yang menjadi idola ini menjadi salah satu karakter yang sangat populer di dunia. Kombinasi dari kekonyolan serta kemampuan yang ia miliki, tentu saja membuatnya menjadi salah satu karakter superhero yang sangat digemari oleh semua kalangan. Sehingga tak mengherankan jika Spider-man mendapatkan adaptasi gamenya sendiri. Namun kali ini kita tidak akan membahas game spiderman yang beberapa saat yang lalu dirilis di PS4 tersebut, namun game Spider-Man yang telah dirilis jauh sebelum karakter ataupun Karakter superhero Spider-Man tersebut terkenal di masyarakat, yaitu Spider-Man yang dirilis di PS1, dan mengapa di saat itu, game tersebut menjadi game superhero legends terbaik di PS1.

Memberikan pengalaman menjadi superhero pada masanya

Di masa jaya konsol PS1, hanya ada beberapa game superhero yang dirilis pada konsol tersebut, dan kebanyakan dari game yang dirilis seperti Marvel vs Capcom, X-Men Mutant Academy, ataupun game bergenre superhero lainnya pun merupakan game bergenre fighting, yang tidak memberikan pemainnya sebuah pengalaman menjadi superhero, berkeliling kota, dan memberantas kejahatan.

Nah, Spider-man menjadi angin segar yang memberikan pengalaman bermain yang cukup unik kepada para pemainnya. Perlu diketahui disini, ada 2 game Spider-man yang dirilis di PS1, Spider-man (2000) dan Spider-man 2 : Enter Electro (2001), namun gameplay dari keduanya cukup mirip. Dimana pemain dihadirkan ke sebuah semi open world gameplay yang mana pemain dapat bergelantungan layaknya Spider-man mengelilingi kota, mencari para penjahat, dan membunuh mereka dengan menggunakan kekuatan jaring laba – labanya tersebut. Perbedaannya adalah grafis yang dimiliki oleh sequel spider-man lebih bagus dibandingkan sebelumnya dan terlihat lebih nyata pada masanya.

Berbagai macam puzzle unik disertai dengan gameplay yang complex menjadi salah satu daya tarik yang membuat kita merasa jatuh hati pada kedua game tersebut. Terutama dengan konsep serta game yang cukup berbeda, dimana game – game yang sebelumnya dirilis pada masa itu merupakan game dengan konsep side scrolling 2D, dan game Spider-man memberikan pengalaman bermain 3D open world dengan sedikit kebebasan yang ada. Walaupun mekanik yang ada belum terlalu perfect dalam segi grafis dan control kameranya. Namun kita sudah dapat melihat potensi yang besar dari segi gameplay yang diberikan.


Hebatnya lagi, dalam segi boss fight, solusi yang diminta pun cukup kompleks, sehingga pemain harus memutar otaknya untuk mengalahkan satu musuhnya. Ambil contoh pada game Spider-man 2 : Enter Electro pada saat melawan Electro, pemain harus menghancurkan beberapa kotak listrik yang terdapat di dalam map, kemudian membuat elektro mengeluarkan kemampuan listriknya di salah satu generator yang tersebar di dalam map tersebut sebelum bisa di serang, dan dalam Spider-man saat melawan Rhino, dimana pemain harus mengarahkan Rhino ke power generator agar ia tersetrum dan kehilangan darah, membuat pemain merasa tertantang untuk menguji kemampuan mereka, mencoba mode yang lebih susah lagi setelah menyelesaikan game tersebut.

Banyak Karakter dari comic Spider-Man muncul dalam game ini

Dalam story line di PS1 Spider-man baik itu Spider-man dan Spider-man 2 : Enter Electro, kamu akan bertemu berbagai musuh seperti Venom, Doctor Octopus, Carnage, Jade Syndicate, NYPD, Scorpion, Mysterio, serta beberapa karakter-karakter yang ada dari seri comic aslinya yang akan hadir dalam game tersebut. Pemain juga bisa merasakan sensasi mendengarkan suara lembut dari creator Marvel Universe yang sudah almarhum yaitu Stan Lee dalam game tersebut sebagai Narator di Spider-Man, dan sebagai cast dalam Spider-man 2 : Enter Electro.

Game PS1 yang membuatmu mencintai Spider-man

Spider-man, dan Spider-man 2 : Enter Electro, merupakan game yang dirilis sebelum karakter Spider-man dikenal dan populer di masyarakat. Hal ini dikarenakan film adaptasi dari spider-man yang meningkatkan pamor dari karakter tersebut “The Spider-man movie” baru dikeluarkan pada tahun 2002, setahun setelah perilisan sequel spiderman 2 : Enter Electro yang dirilis pada tahun 2001.

Memang, Spider-man sendiri merupakan sebuah karakter komik yang cukup populer. Namun tak lebih dari itu terutama sebelum film adaptasinya dikeluarkan. Sehingga ia tak lebih dari sebuah karakter dalam komik populer yang hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang kecil saja, dan game inilah yang membuka sedikit jalan untuk kalian orang – orang yang bukan pembaca comic superhero pada masanya, untuk mulai mengenai karakter Spider-man yang sampai saat ini dikenal sebagai salah satu superhero paling populer.


Nah, jika beberapa opini diatas tidak membuat mu merasa game Spider-man merupakan game superhero terbaik di PS1. Kalian bisa melihat situs gameranking, atau kalian bisa melihat rangkuman seseorang di dunia internet yang sangat “NIAT” terkait dengan dunia Superhero ps1 di Trello yang menejelaskan bahwa Spider-man mendapatkan posisi tertinggi di gameranking sebagai salah satu game superhero terbaik di PS1.

Bagaimana menurutmu brott? Apakah kamu setuju dengan opini penulis diatas? Atau kalian bahkan memiliki game superhero lain yang kalian anggap lebih pantas mendapatkan gelar “terbaik” di PS1?

Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Jay, dan artikel lain mengenai PS1

Avatar

Written by Jay

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.