Spotify Gunakan AI untuk Sulih Suara Podcast ke Bahasa Lain

Spotify Gunakan Ai

Apakah kalian bisa membayangkan kalau kalian bisa menikmati podcast berbahasa asing di Spotify namun dalam bahasa lain? Sepertinya Spotify tengah meracik suatu teknologi yang gunakan kecerdasan buatan untuk menyulih ulang suara pada podcast mereka.

Penggunaan AI belakangan ini memang tengah marak-maraknya. Seperti yang kita ketahui, banyak juga hal yang tidak etis terjadi menggunakan kecerdasan buatan tersebut. Perusahaan Swedia tersebut tampaknya tidak ambil pusing soal image AI ini.

Spotify Gunakan AI untuk Sulit Suara Podcast ke Bahasa Spanyol

Sulih suara dalam suara asli mereka

Melalui trailer terbaru mereka, perlihatkan kalau ada fitur baru bernama Voice Translation of Podcast yang saat ini sudah tersedia di beberapa podcast pilihan. Contohnya di podcast Dax Shepard, Monica Padman, Lex Fridman, Bill Simmons, dan Steven Barlett.

Perusahaan asal Swedia ini juga mengatakan tidak semua episode podcast ini akan tersedia dalam berbagai bahasa. Beberapa episode dari podcast tersebut akan tersedia dalam bahasa Spanyol dan sisanya akan menyusul dalam beberapa hari serta minggu kedepan.

Gunakan Whisper oleh OpenAI

Lantas, teknologi apa yang mendasari hadirnya sulih suara dengan kecerdasan buatan ini? Ternyata Spotify bekerjasama dengan OpenAI dan gunakan sistem Automatic speech recognition (ASR) bernama Whisper.

Bukan Perdana Spotify Gunakan AI di Produk Mereka

Gunakan AI

Fitur tersebut menggunakan generative AI berbentuk speech-to-text model untuk menerjemahkan file audio serta model tiruan suara agar kelak suara dihasilkan mirip dengan aslinya. Walau untuk saat ini masih baru tersedia dalam bahasa Spanyol, mereka katakan kedepan bahasa Jerman dan Prancis juga turut didukung.

Ini sebenarnya juga bukan pertama kali Spotify gunakan AI di produk mereka. Sebelum ini mereka pernah hadirkan Spotify AI DJ yang bisa rekomendasikan lagu baru. Walau tidak diketahui akan nantinya Voice Translation for Podcast akan tersedia untuk semua bahasa atau bagaimana, yang jelas ini semakin menambah arsenal penyedia layanan streaming tersebut untuk satu langkah didepan dalam soal inovasi.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version