Square-Enix Mulai Investasikan Games as Service dan Esports

in
Squareenix2020 800x400
Esports dan Games as Service akan jadi fokus Square-Enix selanjutnya.

Menjadikan bisnis games as service sebagai salah satu opsi bisnis perusahaan video game, memang bukan sebuah hal yang baru lagi bagi beberapa developer maupun publisher. Khususnya bagi perusahaan besar yang selama ini berkecimpung di dunia game single player/multiplayer console/PC.

Dengan kata lain, perusahaan yang adaptasi games as service akan buat game mereka miliki microtransaction/item mall/cash item. Terlepas dari model free-to-play atau buy-to-play sebagai dasar untuk memainkannya. Atau, memberikan ekspansi maupun dlc secara berkala layaknya game milik Bandai Namco, maupun developer game MMO free-to-play di Korea Selatan yang telah mengadaptasi sistem bisnis ini terlebih dahulu.

Sudah banyak developer maupun publisher yang melakukan games as service dengan memisahkannya dengan sebuah sekat pembatas dari beberapa game singleplayernya. Meskipun pada kenyataannya, terkadang sekat pembatas tersebut sangat tipis dan minim hanya antara mode singleplayer dan multiplayer saja dalam satu game.

Kini, Square-Enix sepertinya akan fokus pada model bisnis tersebut.

Hal ini diamini dengan lowongan kerja yang mereka posting, di mana Square-Enix membutuhkan Brand Manager di kantornya yang terletak di London. Menariknya, perusahaan asal Jepang tersebut menyebutkan melalui deskripsi pekerjaannya secara gamblang bahwa Brand Manager akan bergabung bersama timnya untuk game baru dengan model bisnis games as service.

Tak hanya games as service, Brand Manager juga disebutkan akan bekerjasama di sektor esports. Mereka akan berhubungan langsung dengan pengembangan, marketing dan komunikasi, termasuk monetisasinya.

Menariknya, posisi ini rupanya membutuhkan kandidat yang miliki pengalaman di bidang esport. Karena dalam deskripsinya tertulis bahwa mereka ingin Brand Manager yang telah menguasai industri esports secara mendalam dan aktif dalam esport.

Dengan kata lain, game baru yang akan mereka rilis akan berhubungan erat dengan games as service dan esports. Membuat Square-Enix akan fokus pada ranah tersebut dalam beberapa tahun ke depan. Kamu yang tertarik untuk melamar bisa langsung mengunjungi link berikut.

Square-Enix bukan perusahaan yang baru dalam bisnis games as service. Beberapa game mobile yang mereka rilis seperti Mobius Final Fantasy, Final Fantasy Brave Exvius, dan beberapa game online seperti Dragon Quest X, Final Fantasy XI, Final Fantasy XIV, hingga game single player Final Fantasy XV menjadi salah satu fokus mereka untuk model bisnis tersebut.

Dengan lowongan kerja yang ditujukan untuk game barunya tersebut, sepertinya mereka akan mengais lebih dalam model bisnis tersebut. Kiprah mereka dalam dunia esport menjadi salah satu hal yang juga patut diobservasi selama beberapa tahun ke depan. Mengingat mereka bukan perusahaan yang fokus pada ranah tersebut. Kita tunggu saja!


Baca lebih lanjut tentang Square-Enix, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]