Square-Enix Segera Adaptasi Sistem Subscription

in
Kamu akan bisa berlangganan video game milik Square-Enix.

Sistem subscription atau berlangganan merupakan masa depan video game menurut sebagian besar publisher. Microsoft dan EA sudah memulainya dengan beberapa servis seperti Xbox Game Pass dan Origin Access. Sementara Sony masih tetap bawa PlayStation Now sebagai servis langganan dan streaming mereka. Namun sepertinya mereka akan kedatangan kompetitor baru dalam bisnis tersebut, yakni Square-Enix.

Publisher sekaligus developer yang terkenal dengan Final Fantasy, Dragon Quest, dan game JRPG-nya tersebut, mengatakan pada laporan keuangan terbaru mereka, bahwa mereka akan melirik sistem subscription atau berlangganan sebagai peluang bisnis barunya. Bisnis tersebut akan meliputi game “HD” (console dan handheld) dan terpisah dari game MMO (Final Fantasy XI, Final Fantasy XIV, dan Dragon Quest X) atau mobile yang mereka miliki.

Adaptasi sistem subscription bagi Square-Enix tentu bukan menjadi suatu hal yang baru dan mengejutkan, mengingat mereka sudah pernah mengadaptasinya sebelumnya. Namun banyaknya game RPG (dengan durasi yang tak singkat tentunya) yang telah mereka publish buat sistem ini sangat cocok untuk segera diimplementasikan. Terlebih jika kita sendiri bisa menikmati semua game RPG dan JRPG lawas mereka.

Hingga tulisan ini turun, belum jelas apakah Square-Enix akan mengadaptasi sistem yang sama seperti Game Pass, Origin Access, atau PlayStation Now.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]