Walaupun Dikritik, Square Enix Tetap Ingin Buat Game dengan Blockchain

Walaupun Dikritik, Square Enix Tetap Ingin Buat Game dengan Blockchain

Menggunakan istilah NFT atau ‘Play to Earn’ di dalam video game saat ini, sangatlah menimbulkan reaksi penolakan dari para gamer.

Hal ini tentu didasari karena ketakutan para gamer terhadap developer yang ternyata hanya berfokus pada blockchain ini sendiri, dibanding membuat sebuah game yang menarik dari segi fundamental-nya, seperti cerita, combat mechanics, gameplay, atau mungkin grafis.

Hal ini yang terjadi kepada Ubisoft yang mengimplementasikan sistem NFT di salah satu gamenya yaitu Ghost Recon Breakpoint. Hasilnya? Program Quartz (NFT dari Ubisoft) ini gagal total dimana ternyata hanya menghasilkan 396 dollar saja.

Namun tentunya akan ada setidaknya satu developer maupun publisher yang bersikeras untuk mengimplementasikan sistem baru ini ke gamenya, yap inilah Square Enix yang menjadi salah satu publisher yang masih mempunyai harapan terhadap game berbasis blockchain.

Square Enix tetap ingin buat game dengan blockchain, agar konten di gamenya bisa terus diperbarui oleh player

Hal ini kami dapatkan melalui interview Yosuke Matsuda, selaku president dari Square Enix dari Yahoo Japan.

Matsuda menyatakan bahwa hanya berfokus dengan cara tradisional dari sebuah game, ‘tidak cukup’ dalam memajukan perusahaan itu sendiri. Sampai saat ini, mereka (SE) hanya memberikan para gamer sebuah game yang sudah selesai di-develop dan para gamer bisa langsung memainkan konten tersebut.

Walaupun Dikritik, Square Enix Tetap Ingin Buat Game dengan Blockchain 4

Matsuda mengharapkan dengan adanya sistem berbasis blockchain ini, nantinya para gamer bisa ikut mengisi konten dengan cara mereka sendiri, sehingga konten untuk sebuah game akan selalu terisi dan tidak harus mengandalkan developer.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Nantinya, untuk para gamer yang sudah berkontribusi dalam mengisi konten di dalam gamenya, mereka akan memberikan sebuah intensif melalui teknologi blockchain. Saat ini Matsuda belum memberikan secara pasti intensif berupa apa yang akan diberikan kepada gamer yang mengisi kontennya.

Square Enix berharap nantinya NFT bisa menjadi tren di video game

Oh ya sebelumnya, Square Enix sebenarnya sudah menyatakan bahwa mereka ingin ikut ‘nyemplung’ di dalam NFT melalui ucapan selamat tahun baru dari websitenya. Tujuannya sebenarnya tetap sama, yaitu memfasilitasi para gamer yang ingin ikut berkontribusi terhadap gamenya.

Selengkapnya bisa kalian baca di sini.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian setuju dengan pernyataan dari Square Enix bahwa nantinya para gamer bisa menjadi sebuah kontributor dalam gamenya melalui sistem blockchain? Atau masih memiliki rasa penolakan yang kuat untuk sistem yang cukup baru dalam industri video game saat ini? Berikan pendapat kalian.

Source: VGC


Baca juga informasi menarik lainnya terkait berita game atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version