SSD dan HDD untuk Main Game, Mana yang Harus Dipilih?

in
Ssd Vs Hdd 3

Tak hanya untuk bekerja, PC umumnya bisa digunakan untuk hal lain, salah satunya adalah bermain video game. Namun tak banyak orang mengetahui beberapa komponen krusial yang dibutuhkan untuk bisa menikmati hobi tersebut tanpa hambatan sama sekali.

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok! Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.

Memang, CPU, GPU, RAM adalah tiga komponen yang umumnya sangat penting agar permainanmu lancar tanpa hambatan. Namun terdapat komponen krusial lain yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah media penyimpanan atau storage.

Storage di PC umumnya terbagi atas dua jenis: Solid State Drive atau SSD dan Hard Disk Drive atau HDD. Keduanya miliki fungsi yang sama yakni menyimpan file, OS, hingga video game. Namun bagi mereka yang awam, mereka hanya bisa membedakannya dari kecepatannya saja agar gaming lebih lancar atau loading lebih cepat.

Di artikel kali ini kami akan jelaskan apa perbedaan keduanya dengan penjelasan simple dan saran kami untuk menggunakan salah satunya untuk kebutuhan bermain game.

Apa Itu Solid State Drive atau SSD?

Ssd 1

Solid State Drive atau SSD merupakan perangkat penyimpanan data menggunakan microchip. Ia miliki kecepatan fantastis karena tak perlu memutar disk atau piringan untuk menulis/write dan membaca/read data. Simplenya, SSD miliki sistem yang sama persis dengan USB flash drive atau mungkin kamu lebih suka menyebutnya dengan flash disk meskipun itu adalah penyebutan yang salah mengingat flash drive tak memiliki “disk”.

Jenis SSD (Internal)

Jenis Ssd

Terdapat banyak sekali jenis SSD tergantung kebutuhan dan kecepatannya. Karena kami membahas SSD internal, maka kami akan menjelaskan jenis SSD internal saja, eksternal kurang lebih miliki jenis yang sama.

SSD terbagi atas lima jenis untuk saat ini: 2.5 inci, M.2 SATA, mSATA, PCIe, dan M.2 NVMe.

2.5 inci adalah yang cukup besar di antara yang lain yang mana umumnya masih menggunakan kabel SATA layaknya HDD untuk disambungkan ke motherboard, sementara M.2 SATA akan lebih kecil dan pipih dan akan dipasang di slot motherboard layaknya RAM (ada slotnya sendiri).

mSATA cukup mirip dengan M.2 SATA, namun bentuk chipnya agak melebar. PCIe SSD biasanya akan dipasang di slot di bawah slot GPU (PCIe) dan bentuknya lumayan besar tergantung heatsink yang diberikan oleh pabrik.

SSD terakhir adalah M.2 NVMe yang bentuknya kurang lebih sama seperti M.2 SATA, namun dengan teknologi yang lebih canggih. SSD jenis ini adalah salah satu yang paling cepat dari jajaran SSD yang ada.

Apa Itu Hard Disk Drive atau HDD?

Hdd

Hard Disk Drive atau HDD adalah perangkat penyimpanan data menggunakan disk magnetis. Benda ini akan berputar dan melakukan tulis data di atas piringan. Kecepatannya juga bervariasi, namun berbeda dengan SSD yang masih terasa cepat meskipun berbeda jenis, HDD akan terasa sangat lambat jika dibandingkan kecepatannya.

Jenis HDD (Internal)

Jenis Hdd

Berbeda pabrik dan merk, berbeda pula jenis HDD. Sama seperti SSD, kami hanya akan membahas versi internalnya saja karena kebanyakan versi eksternal tidak jauh berbeda.

Umumnya HDD dibagi atas kecepatan tertentu dengan yang paling tinggi adalah 7200rpm. Setiap jenis HDD juga berbeda tergantung berapa kecepatan data transfer yang didukung.

Perbedaan Kecepatan antara SSD dan HDD

Ssd Hdd

Kecepatan tulis dan baca SSD akan jauh lebih cepat dibanding HDD. SSD 2.5 inci misalnya yang punya kecepatan baca 500MB/s dan tulis hingga 350MB/s. HDD tercepat saat ini miliki kecepatan baca 210MB/s dan tulis 208MB/s.

Perbedaan kecepatan ini bakal terasa saat menjalankan program atau video game. Biasanya loading game dan kecepatan load beberapa obyek dalam video game.

Fragmentasi atau Penyusunan Data

Defragmen Hdd

Dalam penyimpanan, terdapat lokasi file yang terpecah dalam berbagai bagian/fragment. Bagian ini disebut sector. Jika pecahan tersebut rusak tidak karuan, maka penyimpanan akan mengalami bad sector yang tak hanya berbahaya bagi kesehatan file, namun juga perangkatnya. Dari menjadi lelet atau kondisi terburuknya tak bisa dibaca sama sekali oleh PC.

Cara agar tidak terjadi hal seperti itu adalah dengan melakukan defragment atau rapihkan sector datanya. HDD umumnya membutuhkan hal ini agar tidak lelet. Tapi SSD tidak membutuhkannya karena sistem penyimpanannya telah dirapihkan secara otomatis dalam chip.

Jadi, kalau kamu merasa HDD-mu lelet, mungkin kamu belum melakukan defrag. Caranya klik kanan drive tempat HDD-mu dipasang > properties > tools > optimize and defragment drive.

Harga

Gta Online Free Money

SSD dengan teknologi baru jelas lebih mahal dibanding HDD. Semakin cepat SSD dengan kapasitas yang semakin besar, maka harganya menjadi semakin mahal. Namun semuanya terbayarkan dengan beberapa fitur yang telah dijelaskan di atas.

Eksistensi HDD, Kenapa Masih ada Jika SSD Jauh Lebih Baik?

Beda Ssd Dan Hdd

Banyak hal yang mendasari kenapa HDD masih laris. Salah satunya adalah tidak semua file membutuhkan kecepatan tinggi. Foto, film, dokumen merupakan segelintir dari banyaknya file yang bakal sia-sia jika kamu menggunakan SSD untuk membukanya karena keduanya sama-sama tidak berat untuk dibuka.

Selain itu, harganya yang lebih terjangkau jelas bisa menghemat kocekmu dibanding harus beli SSD yang mahal yang tak mampu menyimpan semua filemu.

SSD dan HDD untuk Main Game, Pilih Mana?

Diesel Blog Account Security At Epic Games Egs Social Update News 2560x1440 128a69890d92407b815582c1deba54450e5645f9

Dari penjelasan di atas, sudah jelas SSD menjadi yang menang banyak. Apalagi kalau kamu memainkan game berat dengan loading super lama seperti Red Dead Redemption 2 atau Star Citizen, eksistensi SSD akan sangat membantu untuk mempermudahnya. Namun karena harganya yang fantastis, tak semua orang mampu membelinya dan kami menyarankanmu lebih baik untuk membeli HDD dengan kecepatan paling tinggi meskipun harganya jelas lebih mahal dibanding HDD biasa.

Akan tetapi, jika kamu bersikukuh tetap ingin menikmati SSD, mungkin kamu bisa memulainya dengan membeli SSD 2.5 inci terlebih dahulu yang notabene paling murah. Atau membeli SSD dengan ukuran 500GB untuk menyimpan game saja misalnya. Sedikit lebih mahal seperti M.2 SATA juga tak masalah.


Itulah perbedaan dan saran kami mana yang lebih baik dari SSD atau HDD jika kamu ingin menggunakannya untuk bermain video game. Apakah kamu sudah menggunakan keduanya? Seperti biasa, cantumkan semuanya di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Artikel ini diterbitkan pertamakali di Dunia Games dengan judul “Perbedaan SSD dan HDD untuk Main Game, Mana yang Lebih Baik” yang ditulis oleh Rizky Nur Cahyanto.

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.