Resmi! CAMM2 Bakal Mulai Gantikan Form Factor SO-DIMM Sebagai RAM Laptop

Camm2

Sudah puluhan tahun standar RAM untuk laptop menggunakan form factor SO-DIMM. Sejak dikenalkan ke publik pada tahun 1997 oleh JEDEC, tidak banyak perubahan yang terjadi pada RAM yang digunakan untuk perangkat mobile ini.

Tapi semuanya itu sepertinya akan berubah karena form factor CAMM2 yang sebelumnya dikenal sebagai CAMM saja akan perlahan menggantikan SO-DIMM untuk RAM laptop. Kira-kira kapan konsumen bisa mulai menemukannya di laptop pasaran?

JEDEC Resmikan Standar RAM Baru CAMM2

Standar baru RAM untuk laptop

Melansir dari situs resmi JEDEC, awal bulan ini badan standarisasi komponen elektronik tersebut mengumumkan kalau mereka sudah meresmikan CAMM2 sebagai form factor baru untuk RAM kelas mobile.

Artinya, kedepannya akan ada pilihan baru yang bisa digunakan manufaktur laptop. Lantas apa saja kelebihan form factor baru ini dibanding sebelumnya. JEDEC sendiri mengklasifikasikan bahwa akan ada 2 jenis CAMM2.

Yang pertama menggunakan desain konektor DDR5 yang ditujukan untuk mainstream desktop dan laptop kelas performa. Sedangkan yang kedua adalah LPDDR5/X untuk laptop yang lebih luas dan segmen pasar server.

Bentuk Lebih Ramping, Laptop Bakal Lebih Tipis

Laptop tipis

Perbedaannya dengan standar sebelumnya adalah ia kini lebih tipis hingga kedepannya ukuran laptop bisa dibuat hingga lebih tipis lagi. Semua ini tentu tanpa mengorbankan performa yang kabarnya tetap bisa mencapai batasan 6400MHz.

Sebelumnya hanya digunakan oleh Dell. Dengan JEDEC sudah menstandarisasi format baru ini. Bukan tidak mungkin kedepannya akan ada banyak manufaktur yang akan ikutan demi menghadirkan laptop berperforma tinggi namun tetap tipis.

Salah satu hal yang sangat penting adalah adopsi form factor baru ini bisa menghilangkan RAM soldered. Kemungkinan besar kita akan melihat praktik seperti ini mulai ditinggalkan manufaktur karena tidak lagi menggunakan standar lama.

Sekarang pertanyaan pentingnya adalah, kapan kita akan melihat laptop tersedia pilihan RAM jenis baru ini. Apakah akan mempengaruhi harga juga atau tidak? Hanya waktu yang bisa menjawab semua itu.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version