Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now, Kamu Harus Tahu

Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now

Di zaman yang kian tuntut kesadaran betapa vitalnya kehadiran sebuah personal computer, tuntut masyarakat awam harus tahu setidaknya pemahaman dasar. Sedikit beda dari zaman dulu, kamu dituntut harus paham Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now supaya tak menyesal di kemudian hari.

Kami cukup menyadari bahwa pembahasan kali ini mungkin sedikit bias. Namun, bila berbicara teknologi, sudah barang tentu akan makin meningkat sesuai dengan tuntutan zaman, entah itu tuntutan sistem operasi atau tuntutan lain.

Selain itu, bahasan kali ini kami buat demi ‘luruskan’ informasi yang kerap di-share di media sosial. Penulis rasa bahwa spesifikasi yang tertulis, bisa dikatakan sudah termasuk kurang relevan dengan zaman.

Tampaknya ini adalah waktu kami buat Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now, versi kami tentunya.

1. Besaran RAM Ideal untuk Komputer

Miliki kepanjangan Random Access Memory, RAM bertugas untuk menyimpan data secara sementara, demi percepat transfer data pada komputer. Mulai dari aplikasi sampai dengan games, butuhkan RAM untuk eksekusinya.

Jangan terjebak dengan pemikiran bahwa ‘semakin besar RAM maka sistem akan semakin cepat’, brott. Meski hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun kami tegaskan bahwa besaran RAM ideal haruslah sesuai dengan kebutuhan.

Berikut kami kotak-kotakkan besaran RAM ideal untuk Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now:

4GB

Menurut kami, ini adalah besaran terendah di zaman now yang masih bisa kamu gunakan, yah sekedar untuk rumahan. RAM 4GB sama sekali tak kami rekomendasikan kecuali kamu benar-benar gunakan komputer untuk sekedar cetak dokumen.

8GB

Standar terendah di zaman now yang kerap direkomendasikan pada build zaman now. Entah dalam besaran 1x8GB atau 2x4GB, kami jamin bahwa 8GB sudah memenuhi kebutuhan komputasi zaman now dengan mudahnya.

Di antaranya gaming dan content creation tipis-tipis, sudah bisa dicukupi dengan besaran RAM 8GB. Namun, yang harus jadi evaluasi ialah bahwa harganya hampir mendekati RAM kapasitas di atasnya (kecuali second-hand), jadikannya tak terlalu direkomendasikan.

16GB

Menurut kami, 16GB masuk kategori sweet spot untuk sebuah komputer dengan peruntukan gaming maupun content creation. Kami rekomendasikan 2x8GB demi maksimalkan potensi keseluruhan dari komputer tersebut.

Banderolnya pun bisa dibilang yang paling masuk akal, karenanya kami rasa mayoritas akan sepakat bahwa sweet spot zaman now ada di 16GB. Meski dirasa sedikit besar untuk segelintir orang, namun secara keseluruhan ini adalah besaran yang tepat untuk temani keseharianmu.

32GB

Memasuki besaran 32GB, hemat kami ini adalah besaran minimal untuk lakukan content creation di resolusi 4K maupun gaming dengan serius. Tawarkan besaran yang lebih lega, namun konfigurasi ini cukup jarang direkomendasikan untuk kebutuhan rumahan, bahkan kantoran secara general.

64GB

Sama halnya dengan besaran RAM 64GB, yang mana menurut kami malah lebih sulit ditemukan secara umum. Biasanya, memory masif ini digunakan untuk server warnet, multitask yang menuntut, atau content creation pada resolusi yang lebih besar tanpa alami kendala. Kami pun kurang rekomendasikan besaran ini terlebih bila kamu hanya bermain game.

128GB dan Keatasnya

Yah, mungkin 128GB sudah dicap Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now, namun pada kenyataannya besaran ini termasuk overkill untuk pemakaian standar. Bahkan besaran di atas 128GB malah sia-sia untuk pemakaian rumahan atau kantoran secara umum.

Malahan, banyak yang lebih rekomendasikan untuk membeli atau bahkan sewa server (yang benar-benar server) ketimbang beli RAM 128GB yang mahal.

2. Pilih RAM Generasi Lama atau Baru

Selain besaran kapasitas, hal lain yang harus kamu pahami ialah generasi dari RAM tersebut. Berdasarkan observasi kami, generasi RAM yang masih relevan sampai saat ini hanya tiga, mulai dari DDR3, DDR4, diikuti dengan generasi terbaru DDR5.

Sekilas, tentu kalian tak akan sadar di mana letak beda dari generasi RAM lama dan baru. Namun, bila kita ulik lebih dalam, terdapat banyak sekali informasi yang bahkan penulis mungkin luput informasikannya pada para pembaca sekalian.

Sebenarnya tidak ada beda secara masif, karena pada dasarnya fungsi dari RAM tetaplah sama, yaitu menyimpan data secara sementara. Nah, ketimbang penasaran, di bawah ini ialah hal yang harus kalian pahami:

DDR3

Meski bukan Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now, namun RAM DDR3 yang meluncur tahun 2000’an silam tampak telah tunjukkan umur dan relevansinya dengan zaman now. Kecepatan dari RAM dimulai dari DDR3 1066MHz sampai puncaknya 2133MHz.

Faktanya, meski DDR3 masih banyak digunakan untuk warnet kecil-kecilan, kantoran, bahkan rumahan, namun jenis memory ini mulai dilupakan. Sebabnya ialah besaran memory yang ditawarkan kurang besar, dan harganya yang mirip dengan generasi DDR4 yang lebih baru. Jadikannya kurang worth it secara keseluruhan.

DDR4

RAM DDR4 adalah penerus dari generasi terdahulu yang kini sudah masuk Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now. Termasuk kami, jenis memory ini masih banyak digunakan saat ini, dan harga yang ditawarkan berbanding lurus dengan kapasitas.

Untuk kecepatannya sendiri dimulai dari DDR4 1600MHz, namun lebih dikenal dengan kecepatan 1866MHz, sampai puncaknya yang sentuh 3200MHz.

DDR5

Memasuki DDR5, jenis memory teranyar ini kurang kami rekomendasikan karena banderolnya yang terlampau mahal. Kami lebih sarankanmu untuk investasi ke memory DDR4 karena akan lebih sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini, RAM DDR5 tawarkan kecepatan mulai dari 4800MHz sampai dengan 7200MHz. Artinya, ada lompatan sampai dengan seratus persen dari generasi sebelumnya yang hanya sentuh 3200MHz.

Ini berarti bahwa RAM DDR4 adalah pilihan yang solid untuk zaman now.

3. Cari Jenis Penyimpanan yang Sesuai

Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now berikutnya ialah cari jenis penyimpanan yang sesuai. Kembali mungkin kami akan terdengar bias, karena sudah barang tentu jenis penyimpanan harus disesuaikan dengan zaman.

SSD

Menurut kami, ini merupakan Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now yang harus digunakan oleh semua orang. Meski banderol dan kapasitasnya bisa dikatakan sedikit ketimbang HDD konvensional, namun kecepatan yang ditawarkan worth untuk menebus semuanya.

Ditambah dengan tuntutan sistem operasi yang lebih menyukai kecepatan loading. Sudah barang tentu di atas kertas, bahkan secara nyata kemampuan SSD akan dominasi HDD yang hanya menang kapasitas.

M.2 SATA

M.2 SATA dikenalkan tahun 2010’an, dan sudah bisa digunakan sedari era Intel Ivy Bridge dengan chipset Z77 yang termasuk flagship. Ya, bisa dibilang ini adalah Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now pada masanya.

Kecepatan yang ditawarkan M.2 SATA cukup mirip dengan yang ditawarkan SSD SATA 2.5” konvensional. Namun, M.2 tawarkan bentuk penyimpanan yang lebih ringkas, sebesar flashdisk. Meski demikian, kami kurang rekomendasi M.2 SATA karena ketenarannya dikalahkan oleh M.2 NVMe yang lebih kekinian.

M.2 NVMe

Nah, menurut kami, bisa dibilang M.2 NVMe adalah Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now dalam artian sebenarnya. Kecepatan yang ditawarkan pun bervariasi, namun minimal tawarkan kecepatan minimal dua kali lipat dari M.2 SATA.

Meski dulu sempat dibanderol cukup mahal dan buat kantong jebol, kini M.2 NVMe sudah dijual dengan harga lebih masuk akal. Kami rekomendasikanmu gunakan M.2 NVMe untuk sistem operasi, atau games dan dokumen.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

HDD

Melihat tren SSD yang jadi standar zaman now untuk cover hampir semua kebutuhan, kehadiran HDD makin tak relevan. Kehadiran HDD yang terpasang di desktop, kini mau tak mau geser jadi external drive, untuk sekedar simpan data.

Dewasa ini, kehadiran dari HDD takkan relevan digunakan di komputer, namun lebih mantap untuk simpan data rekaman CCTV. Namun, harus digarisbawahi bahwa meski ketenarannya mulai redup, namun tak jadikannya penyimpanan favorit semua orang sampai detik ini.

4. Jumlah Port USB Ideal

Jangan salah, Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now sudah barang tentu harus miliki jumlah port USB ideal. Idealnya, sebuah komputer haruslah mampu penuhi ekspektasi pemakainya.

USB 2.0

USB 2.0 tawarkan transfer data sampai dengan 50MB/s yang umum dipakai untuk printer dan koneksi USB secara umum. Meski lelet untuk transfer data, namun setidaknya ini adalah standar terendah karena waktu untuk tunggu bisa digunakan untuk hal yang lebih menghasilkan.

Standarnya, port USB 2.0 yang harus dimiliki adalah dua buah demi produktivitas lebih baik. Atau sekedar colok hardware yang tak butuh koneksi cepat, mouse dan keyboard misalkan.

USB 3.0+

Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now seharusnya tawarkan USB 3.0 dan versi yang lebih sempurna demi transfer data yang lebih baik. Yah, setidaknya kehadiran USB 3.0 mampu mudahkan kita ketika lakukan transfer data lebih efisien.

Perkembangan di dunia teknologi yang lebih baik setidaknya bolehkan kita miliki empat buah port USB 3.0. Selain pangkas waktu transfer data, kecepatan yang ditawarkan tiadakan delay dan pastikan input miliki kemampuan yang mumpuni.

USB-C

Kalau boleh jujur, kehadiran USB-C sebenarnya tak penting-penting amat di komputer. Ini dikarenakan port USB-C hanya tersedia di motherboard yang cukup mahal di kelasnya, yah sekitar range 2-3 Jutaan Rupiah, lah. Meski dibuat berdasarkan USB 3.0+, kecepatan transfernya bisa dibilang sedikit lebih cepat.

5. Ukuran Monitor yang Ideal untuk Dilihat

Kehadiran akan ukuran monitor yang ideal berimbas langsung pada kenyamanan ketika gunakannya. Namun, perlu kami garisbawahi bahwa ukuran monitor yang kamu gunakan haruslah sesuai dengan spesifikasi komputer yang kamu gunakan. Salah-salah malah tidak nyaman ketika gunakannya.

Di Bawah 22”

Monitor dengan ukuran di bawah 22” sebenarnya masih bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari yang tak menuntut. Dengan resolusi yang tentunya di bawah Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now, namun akan cocok dengan mereka yang tak tuntut layar berukuran besar. Penulis bahkan gunakan monitor 1280×1024 untuk office dan gaming semasa sekolah, loh.

22”

Resolusi monitor 22” tampak cukup solid bahkan sampai saat ini. Umumnya, monitor berukuran ini tawarkan resolusi FHD alias 1920×1080 yang termasuk standar zaman now. Selain gak kecil-kecil amat, monitor ini tawarkan kenyamanan untuk lakukan aktivitas.

Kendati demikian, monitor 22″ boleh jadi Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now karena resolusinya.

24”

Monitor berukuran 24” ini akan cocok untuk penuhi ekspektasimu yang butuh layar yang tak besar-besar amat. Menurut penulis, ini adalah Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now, di mana ukuran ini terbilang cocok untuk temani aktivitas hari-harimu. Kebutuhan gaming dan content creation bisa dituntaskan dengan nyaman dengan ukuran ini.

Menurut kami, ini adalah standar zaman now yang enak untuk diajak game maupun content creation.

27”

Beranjak ke ukuran 27”, monitor ini bisa dikatakan lebih besar ketimbang ukuran sebelumnya, dan tawarkan resolusi yang lebih besar. Idealnya, monitor ini dipakai untuk content creation, karena layarnya yang lebih besar dan resolusi yang lebih dalam.

Untuk yang ingin buat konten dan mainkan game secara serius, monitor 27″ boleh jadi Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now.

32”

Sebenarnya penulis tertarik untuk beli monitor berukuran 32”, namun melihat referensi dan review dari situs luaran sana, monitor ini lebih cocok ketika tampilkan resolusi 2K atau bahkan 4K. Memang ada beberapa monitor yang tawarkan resolusi FHD, namun bersiap untuk dikecewakan karena akan banyak pixel yang hilangkan imersimu.

Ultrawide Monitor

Untuk sebagian kalangan, kehadiran Ultrawide Monitor tawarkan niche-nya sendiri, terutama mereka-mereka yang demen multitasking. Dimulai dari resolusi 2560×1080, kehadiran Ultrawide Monitor ini bolehkanmu jalankan games, atau lembaran excel secara masif tanpa harus ubah tab.

6. Resolusi, Refresh Rate, dan Jenis Panel yang Ideal

Sebenarnya, tidak ada yang namanya ‘resolusi ideal’ atau ‘refresh rate ideal’, karena kebutuhan tiap orang pasti akan berbeda-beda. Namun, kalau brott penasaran, standar resolusi zaman now adalah 1920×1080 dengan ukuran bervariasi dari 22-24” dengan refresh rate cukup seadanya.

Untuk refresh rate sebenarnya 60Hz udah lebih dari cukup, entah itu untuk kebutuhan gaming, office, maupun content creation. Bila refresh rate di atas itu, ibaratkan bonus yang tentu akan berbeda-beda tergantung preferensi.

Jenis panel yang enak digunakan untuk semua kebutuhan sebenarnya IPS, karena enak dilihat dari bermacam sudut. Jangan salah, jenis panel VA dan TN ada peruntukannya sendiri, namun biasanya lebih condong ke gaming.

7. GPU Ideal untuk Komputer

Menentukan GPU ideal untuk komputer, terlebih yang sesuai Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now tampaknya gampang-gampang susah. Meski tren cryptomining sudah reda, namun tampaknya makin sedikit saja alternatif yang bisa penuhi ekspektasi kalian.

iGPU (Intel dan AMD)

Dewasa ini, integrated graphic processing unit (iGPU) bawaan Intel dan AMD sudah bisa memenuhi ekspektasi kalian untuk tuntaskan kebutuhan harian. Meski tak bisa digunakan untuk memainkan games berat, namun setidaknya bisa jadi solusi sementara dan lulus Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now.

GTX 1000 Series, GTX 1600 Series, dan AMD RX 500 Series

Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now dimulai dari GPU GTX 1000 Series. Mulai dari GT 1030, 1050Ti, 1060 6GB, 1070 Series, dan 1080 Series. Meski tampakkan umurnya, namun kemampuan dari GTX 1000 Series (kecuali GT 1030), lebih dari cukup untuk memainkan games yang tak terlampau berat.

GTX 1600 Series tampak dominasi karena tawarkan price-to-performance yang lebih worth ketimbang generasi GTX 1000 Series. Di antaranya yang termasuk populer ialah 1650, 1660 Series yang lebih mampu eksekusi games zaman now dengan mudahnya dan jadi Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now.

Sama halnya dengan AMD RX 500 Series, dari RX 550, 560, 570, 580, bahkan 590, mulai tak relevan dengan zaman. Selain dikarenakan banyak yang gunakannya untuk mining, namun tak serta-merta jadikan GPU ini tak difavoritkan oleh para gamers. Standarnya, RX 570 4GB adalah yang terendah untuk nyaman mainkan games di zaman now.

RTX 3000 Series dan AMD RX 6000 Series

Bila kalian tak lihat RTX 2000 Series, benar, eksistensinya memang harus dipertanyakan semenjak kehadiran GPU RTX 3000 Series. RTX 3000 Series tawarkan kemampuan yang jauh lebih kuat bahkan dengan banderol yang lebih terjangkau ketimbang generasi sebelumnya.

RTX 3050, 3060 Series, 3070 Series, 3080 Series, dan 3090 Series boleh jadi Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now out-of-the-box.

Disusul oleh AMD RX 6000 Series, tawarkan kemampuan hampir dekati RTX 3000 Series, boleh jadi alternatif cukup solid. Kendati demikian, harus digarisbawahi bahwa GPU AMD RX 6000 akan cocok untuk kebutuhan gaming, dan tanpa content creation.

Bonus: Generalisasi Prosesor (CPU) di Zaman Now

Sebenarnya, kami gak berani generalisasi prosesor, tapi jujur, data di lapangan tegaskan bahwa prosesor Intel di bawah Generasi Ke-9 terbukti cukup ampas. Untuk kubu AMD sendiri, minimal Ryzen Generasi 5000 supaya berikan price-to-performance yang oke punya.

Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now, khususnya prosesor adalah Intel Generasi Ke-10 dan AMD Ryzen 5000 Series.

Itulah dia sedikit informasi terkait Standar Spesifikasi Komputer Zaman Now yang bisa kami berikan. Apabila ada suatu hal yang terlewat, bisa komentar di bawah ini ya, brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version