Star Citizen Telah Meraup Puluhan Juta Dollar Per Tahun Meski Belum Dirilis ?

in ,

Raupannya bahkan bisa melebihi keuntungan dari semua game yang didanai dari Kickstarter.

Setelah kemarin Star Citizen mengumumkan spesifikasi minimum gamenya yang mungkin membuat kita semua mengerutkan dahi, beserta memberikan update adanya mode single-player Squadron 42. Kali ini ada sebuah kabar mencengangkan datang dari game buatan Cloud Imperius Games (CIG).

Dilansir dari Polygon, mereka merangkum dan mengakumulasi data mengenai berapa besar jumlah dana yang sudah diperoleh CIG hingga saat ini. Dalam waktu setahun, semenjak tahun 2015 saja CIG sudah meraup dana sebanyak 35,9 juta dollar, lalu semakin meningkat menjadi 36,11 juta dollar di tahun 2016. Dan terakhir di tahun 2017 kemarin mengalami sedikit penurunan dengan memperoleh dana sebanyak 34,91 juta dollar. Jika ditotal dari awal pengerjaan game Star Citizen mulai dibuat di tahun 2012 hingga sekarang. Maka CIG, terhitung sejak hari ini sudah mengantongi uang sebesar 175,9 Juta dollar. Didasarkan dari data yang dirilis oleh CIG sendiri melalui website resmi mereka di game Star Citizen.

Lalu Polygon juga membandingkan dana dari game Star Citizen dengan dana yang diperoleh oleh Kickstarter. Bagi yang belum tahu, Kickstarter adalah sebuah platform crowdfunding untuk mengumpulkan pendanaan berbagai macam proyek-proyek kreatif, seperti musik, film, dan tentunya juga termasuk video game. Berdasarkan perbandingan berikut, bisa dibilang CIG sudah meraup dana sebanyak 2 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan dana yang sudah diperoleh Kickstarter untuk pengembangan lebih dari 700 gamenya di tahun 2017 kemarin sebesar 17,25 Juta dollar. Dari dana yang didapat Kickstarter tersebut, 85-88% proyek game mereka terbilang sukses.

Star Citizen sendiri sampai saat ini masih berada dalam tahap pengembangan. Masih belum ada info pasti mengenai kapan game ini akan resmi dirilis. Melihat betapa besarnya dana yang diperoleh sang developer untuk membuat game ini, tentunya kita semua berharap bahwa game ini nantinya bisa menjadi sebuah game masterpiece yang sangat sukses di pasaran ketika dirilis.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]