Awas! Start Menu Windows 11 Bakal Hadirkan Iklan

Start Menu Windows 11

Rasanya tidak pernah ada berita baik jika sudah menyangkut update Windows. Seperti update yang dilakukan Microsoft beberapa waktu lalu soal login menggunakan akun Microsoft di Windows 10.

Sepertinya, kali ini Windows 11 yang kebagian mendapatkan update kurang menyenangkan bagi pengguna. Dimana, kabar yang beredar menyebutkan kalau adanya iklan di Start menu lewat update terbaru, apa benar?

Start Menu Windows 11 Disusupi Iklan Lewat Update Terbaru

Ada iklan di menu Start

Lewat update Windows KB5036980, Microsoft menambahkan iklan pada bagian Start menu. Update ini memang merupakan bagian yang tidak wajib dipasang untuk saat ini namun tetap menyebabkan beberapa pengguna merasa jengkel.

Untuk mereka yang memakai Windows 11, update ini tersedia bagi pengguna versi 23H2 dan 22H2. Aksesnya bisa langsung didapatkan dari katalog update saat ini. Seperti yang ditemukan oleh Windows Latest, begitu pengguna memasang update ini, Start menu akan kedatangan aplikasi berlabel ‘Promoted’ atau iklan.

Seperti screenshot terkait ini dimana ada iklan Opera Browser terlihat nangkring di Start Menu. Iklan ini akan menjadi bagian dari fitur permanen di update Juni nanti, namun tampaknya Microsoft sudah perlahan meluncurkan update ke berbagai pengguna sejak sekarang.

Berita Baiknya: Iklan Bisa Dihilangkan

Iklan bisa dimatikan

Meski update seperti ini tidak banyak disukai pengguna, untungnya masih ada cara untuk menghilangkan iklan tersebut. Berikut adalah cara yang bisa kalian lakukan jika sudah terlanjur memasang update opsional tersebut:

Jika sudah melakukan ini, maka tidak akan ada lagi iklan yang ditampilkan di menu start. Bagaimana menurut kalian? Apakah Microsoft terkesan memaksakan iklannya di tempat yang tidak seharusnya?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version