Steam Alami Down Besar-besaran Saat Winter Sale. Ulah Hacker Phantom Squad Lagi?

wetg43t

Baru saja berjalan satu hari, Perayaan diskon Steam Winter Sale 2016 ini harus sedikit terganggu dengan adanya kejadian server down yang tidak hanya menyerang server untuk Steam Store saja, namun seluruh server yang dimiliki oleh Steam.  Maka dari itu tentunya kamu yang sedang menikmati game-gamemu di Steam pastinya langsung terganggu oleh server yang tiba-tiba berhenti begitu saja. Dikabarkan oleh akun resmi dari Steam Status pada 23:31 tadi (23 Desember 2016) bahwa mereka menyatakan 100% server koneksi milik Steam down. Kamu juga bisa melihat statusnya secara real time di Steamstat.

Lalu, apa kira-kira penyebab down besar-besaran dari server Steam ini? Dalam berita singkat yang dirilis oleh Polygonmereka telah menanyakan kepada pihak Valve mengenai hal ini. Namun Valve tidak memberikan informasi mengenai penyebab down-nya server mereka ini. Mereka hanya mengkonfirmasi bahwa para teknisi kini tengah mengusahakan untuk membawa kembali server-server milik Steam agar dapat kembali online.

Di saat yang hampir bersamaan, akun twitter milik hacker Phantom Squad. Yang mungkin dulu pernah kamu ketahui lewat klaimnya terhadap berbagai down-nya server baik milik Steam, PSN, maupun Xbox Live mengeluarkan tweet yang mengklaim bahwa merekalah yang menyebabkan terjadinya down server ini. Mereka pun kini tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh teman hacker mereka lainnya, yaitu hacker yang menamakan dirinya Crip.

Dan dengan gaya ‘bocah’-nya Phantom Squad kini meminta tebusan yaitu 100 RT untuk tweet mereka, yang sebenarnya telah tersanggupi bahkan melebihi keinginannya. Dan kemudian bertambah agar mereka mendapat 10k follower, yang kini juga telah terpenuhi. Namun tidak ada tanda-tanda bahwa Steam server kembali online. Yang pasti tidak bisa dipastikan apakah benar mereka lah pelaku sebenarnya, atau mereka hanya memanfaatkan situasi yang terjadi demi kontroversi dan perhatian yang didapat dari netizen kepada mereka.

Kita hanya bisa berharap bahwa Steam server akan segera online secepatnya. Dan kita akan terus meng-update bila ada perkembangan lebih lanjut. Maan, it’s holiday!

Exit mobile version