Valve Ungkap Steam Deck 2 Baru Akan Hadir Setidaknya Tahun 2026

Steam Deck 2 Baru

Valve sepertinya tidak mau berhenti di Steam Deck pertama saja dan berencana untuk merilis sekuel dari portable handheld gaming PC ini. Memang kesuksesan Steam Deck merupakan hal yang baik untuk perkembangan handheld PC kedepannya.

Terbukti sekarang sudah mulai banyak brand yang tertarik untuk merilis produk serupa pasca boomingnya handheld buatan Valve ini. Tapi, sang produsen sendiri sepertinya masih butuh waktu cukup lama untuk rilis Steam Deck 2, mengapa begitu?

Valve Ungkap Steam Deck 2 Baru Hadir Sekitar 3 Tahun Lagi

Generasi ke-2 baru akan hadir 3 tahun lagi?

Melansir dari The Verge, Pierre-Loup Griffais dari Valve mengatakan kalau handheld generasi kedua mereka baru akan rilis setidaknya 2025 atau bahkan 2026. Tentu ini adalah pernyataan yang cukup mengejutkan mengingat perkembangan handheld ini terbilang cukup pesat dan Steam Deck mungkin sudah akan ketinggalan secara spesifikasi dari rival.

Tapi menurut Valve sendiri mereka tidak mau gegabah dulu dan mematangkan teknologi mereka agar perubahan yang hadir di generasi berikutnya terasa jomplang. Mereka juga inginkan perubahan ini tidak berpengaruh banyak pada konsumsi baterai.

Valve ungkap mereka belum punya teknologi cukup

Untuk itu Valve merasa teknologi mereka saat ini belum cukup untuk mencapai hal itu sehingga merek masih harus memantau inovasi pada arsitektur dan proses fabrikasi komponen. Secara garis besarnya, Valve melihat adanya kesempatan beberapa tahun kedepan dari segi efisiensi komputasi dan menunggu momen itu.

Bukan Tidak Mungkin Game Akan Sulit Berjalan Kedepannya

Starfield di Steam Deck

Bukan tidak mungkin berbagai game AAA kedepannya akan susah berjalan pada hardware Steam Deck. Belum lagi optimalisasi dari segi software juga sangat penting. Game kelas AAA saat ini seperti Starfield dan The Last of Us Part 1 memang bisa berjalan di Steam Deck, hanya saja performa yang ditawarkan juga bukan dalam batas nyaman dimainkan.

Menurut kalian apakah generasi kedua handheld PC ini yang diproyeksi hadir 2026 terlalu lama atau malah tepat sasaran?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version