Valve Ungkap Steam Deck 2 Tidak Bisa Dibuat Karena Teknologinya Belum Ada

Steam Deck 2 Tidak Bisa Dibuat

Valve memang baru saja mengumumkan hadirnya Steam Deck OLED. Meski bukan merupakan upgrade satu generasi penuh, rilisan terbaru ini menghadirkan berbagai peningkatan minor. Mulai dari layar OLED hingga chip Ryzen dengan arsitektur 6nm dan RAM DDR5 yang lebih ngebut.

Tapi, banyak pula yang penasaran mengapa Valve tidak menghadirkan generasi penerus Steam Deck dan malah merilis minor upgrade seperti ini. Untuk itu, pihak Valve punya alasan tersendiri.

Valve Ungkap Untuk Sekarang Steam Deck 2 Tidak Bisa Dibuat

Steam Deck OLED baru saja diumumkan Valve

Dari wawancara dengan EuroGamer, engineer Valve Greg Coomer katakan kalau Steam Deck 2.0 belum bisa terealisasi karena hardware dan teknologinya untuk saat ini masih belum tersedia. Pernyataan yang sama ini juga dulu pernah dikemukakan Valve beberapa bulan lalu.

Bukan hanya itu, kali ini Valve juga turut buka rahasia kalau teknologi yang mereka sematkan di Steam Deck OLED kali ini juga baru bisa dilakukan sekarang. Artinya, mereka belum bisa melakukannya ketika Steam Deck pertama kali rilis.

Steam Deck OLED

Menurut Greg, layar yang lebih mewah seperti sekarang belum eksis ketika itu. Dia bermaksud, layar OLED dengan karakteristik dan ukuran seperti itu belum ada sama sekali. Tapi, begitu Steam Deck terbukti sukses, maka manufaktur display sudah paham apa kategori yang diperlukan. Hingga Valve sudah punya portofolio untuk meminta custom display sendiri.

Tidak hanya bagian layar yang dapat perombakan. Bagian dalam yang tertutup casing ini juga dapatkan perubahan, seperti antenna Bluetooth kini sudah terpisah. Valve juga mendengar umpan balik dari pengguna yang meminta kabel power lebih panjang, sekarang terealisasikan di versi OLED.

Teknologi Steam Deck 2.0 Belum Tersedia Sekarang, Valve Bikin Steam Deck OLED

Steam Deck dengan layar OLED

Dari semua ini, hanya bagian performa yang tidak dapatkan peningkatan. Meski sudah dapatkan arsitektur 1nm lebih kecil dari versi LCD, peningkatan dalam sektor gaming tidak mengalami perubahan berarti.

Hingga saatnya teknologi komputasi yang lebih canggih ada, itulah saatnya akan disebut sebagai Steam Deck 2.0, kata Greg. Dia juga menginginkan peningkatan performa-per-watt meningkat pesat. Hanya saja hal seperti itu memang belum ada untuk sekarang.

Ketika ditanya apakah mereka akan membuat game yang dikhususkan untuk versi OLED, Greg katakan kalau mereka tidak ada rencana untuk itu. Bagaimana menurut kalian soal ini brott? Apakah kalian lebih menunggu versi 2.0 yang lebih proper?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version