Steam Deck Dongkrak Performa dengan Hadirkan Proton 7.0

Valve Steam Deck

Jumat ketiga pada bulan Februari ini menandakan bahwa kehadiran Steam Deck besutan Valve sudah mulai dibereskan. Pembaruan demi pembaruan pada handheld computer ini, tampaknya akan mampu berikan hasil yang memuaskan. Ditambah dengan kabar yang baru-baru mengudara, di mana Steam Deck dongkrak performa dengan hadirkan Proton 7.0.

Proton Terbaru demi Perkuat Steam Deck

Sebelumnya, Valve sempat katakan bahwa handheld computer buatannya akan kian disempurnakan demi penuhi kebutuhan para gamers. Mulai dari di antaranya penyematan fitur upscale, sampai dengan mengatur thermal design power pada komputer yang miliki bentuk konsol ini.

Kehadiran Proton baru dengan versi 7.0 ini dikatakan sudah mendukung EasyAnti-Cheat, yang membolehkan beberapa games berjalan tanpa masalah. Ini merupakan fitur yang dinanti oleh para calon pemilik Steam Deck, yaitu kemudahan bermain games yang butuhkan kehadiran EasyAnti-Cheat, brott.

Tidak hanya itu, Valve dikatakan telah sempurnakan fitur Variable Rate Shading untuk komputer yang gunakan sistem operasi berbasis Linux tersebut. Namun, pihak Valve tampaknya tak ingin buru-buru, karena implementasi fitur VRS ini baru akan sambangi Steam Deck beberapa bulan mendatang.

Guna dari Proton ini sendiri ialah untuk mengeksekusi semua perintah yang dibutuhkan agar tak bermasalah dengan software lainnya. Meski demikian, Proton masih manfaatkan DXVK yang merupakan translation layer untuk Direct3D yang berbasis Vulkan.

Tentu dengan adanya pembaruan tersebut, gamers dipastikan bisa memainkan games favorit yang berjalan di sistem operasi Windows pada Steam Deck. Namun dengan satu syarat, Proton hanya akan eksekusi games tersebut bila EasyAnti-Cheat dalam kondisi tidak dimatikan.

Di bawah ini hanyalah sebagian games yang sudah didukung berkat Proton 7.0:

Masih banyak game yang tengah diupayakan, Sumber: Github

Meski ini akan menjadi PR bagi beberapa developer, namun ini menandakan bahwa Valve benar-benar perkirakan perihal games yang bisa dijalankan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version