Steam Deck Hanya Bisa Main Game 90 Menit Kalau Tidak Dibatasi Settingan Kualitas FPS dan Grafisnya

Steam Deck FPS

Platform handheld gaming Steam Deck milik Valve tidak lama lagi akan segera rilis. Kehadiran platform gaming ini berhasil mencuri perhatian gamer karena kemampuannya yang dapat bermain game PC (Steam) di genggaman tangan. Berbagai informasi terkait Steam Deck pun telah beredar. Dan salah satunya adalah Steam Deck diketahui hanya bisa bermain game 90 menit kalau tidak dibatasi settingan kualitas FPS dan grafisnya.

Benarkah demikian? Yuk, kita cari tahu bersama!

Steam Deck Bisa Bermain Game selama 2-8 Jam

Steam Deck Hanya Bisa Main Game 90 Menit Kalau Tidak Dibatasi Settingan Kualitas FPS dan Grafisnya 5

Pada saat pertama kali diumumkan, pihak Valve mengatakan bahwa baterai pada handheld gaming Steam Deck dapat bermain game sekitar 2-8 jam. Ada banyak faktor bagaimana performa baterai Steam bisa bertahan, salah satunya adalah game seperti apa yang dimainkan.

Berdasarkan pernyataan mengenai durasi game di Steam Deck ini memunculkan berbagai spekulasi dari banyak pihak termasuk gamer. Mereka menduga jika game yang dimainkan pada Steam Deck membutuhkan performa tinggi, baik itu dari segi grafis maupun FPS, maka akan semakin singkat durasi bermain game.

Steam Deck Hanya Bisa Bertahan 90 Menit Jika Tidak Dibatasi Settingan FPS

Hal ini telah diuji coba oleh banyak pihak yang mendapatkan Steam Deck lebih awal. Salah satunya adalah dari pihak GamerNexus. Mereka melakukan tes ketahanan baterai Steam Deck dengan memainkan game Devil May Cry 5 pada settingan tidak ada batasan framerate, Vsync dimatikan dan pencahayaan diatur dengan tingkat 50%.

Hasilnya adalah Steam Deck dapat bermain Devil May Cry 5 kurang lebih selama 87 menit dengan settingan yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Beda hasilnya jika settingannya diatur dimana framerate dibatasi 60 FPS, Vsync diaktifkan dan juga settingan kualitas paling rendah dalam game. Hasilnya, Steam Deck dapat bermain Devil May Cry 5 selama 2 jam.

Hasil yang sama didapatkan juga oleh Youtuber The Phawx. Dia mencoba bermain game Control di Steam Deck dengan settingan Vsync dimatikan, 90 FPS dan tampilan grafis rendah dalam game. The Phawx mendapatkan hasil yang tidak jauh beda dengan GamerNexus dalam uji coba durasi bermain game di Steam Deck, yaitu sekitar 87-90 menit.

Sementara itu untuk beberapa game yang tidak membutuhkan performa tinggi, seperti framerate dan grafis. seperti game Dead Cells, game indie dan game lama, diperkirakan durasi bermain akan lebih lama pada Steam Deck.

Ini bertanda bahwa kemampuan ketahanan baterai atau durasi bermain game pada Steam Deck bergantung terhadap game yang dimainkan beserta settingan kualitasnya. Semakin tinggi settingan atau performa dalam game yang dibutuhkan maka akan semakin singkat pula durasi bermain pada Steam Deck.

Bobot dan Ukuran Terlihat Sangat Lebih Besar

Steam Deck Hanya Bisa Main Game 90 Menit Kalau Tidak Dibatasi Settingan Kualitas FPS dan Grafisnya 6

Berbicara mengenai Steam Deck, ternyata ukuran dan bobot handheld gaming milik Valve ini jauh lebih besar dari handheld gaming ataupun platform portable lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel Gamebrott di sini.

Itulah informasi mengenai Steam Deck hanya bisa bermain game selama 90 menit jika tidak dibatasai settingan FPS dan grafisnya. Apakah pihak Valve ada berencana untuk meningkatkan kemampuan baterai pada Steam Deck? Mari kita tunggu saja informasi terbaru mengenai Steam Deck dari Valve.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Steam Deck atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version