Steam Deck Tambahkan Dukungan untuk Windows 11

Dukungan untuk Windows 11

Steam Deck menjadi salah satu perangkat gaming paling menarik dalam beberapa bulan terakhir dan mudah untuk melihat alasannya. Terlepas dari kegagalan Valve dalam membuat perangkat gaming di masa lalu, Steam Deck terbilang berhasil, tidak hanya sebagai konsol handheld saja, tapi juga PC portable. Guna memaksimalkan “fungsi sekundernya” sebagai PC, baru-baru ini, Valve merilis update beta terbaru yang berisi dukungan untuk Windows 11.

Dukungan untuk Windows 11 pada Steam Deck Mungkinkan Pemain Gunakan Fitur Eksklusif OS Tersebut

Dilansir dari PCGamesN, update beta terbaru tersebut memungkinkan pemain untuk dapat menginstal dan menggunakan Windows 11 di Steam Deck. Kerennya lagi, update tersebut juga mengaktifkan fTPM untuk chipset AMD sehingga membuat Steam Deck dapat menjalankan fitur-fitur eksklusif yang dimiliki oleh Windows 11. Salah satunya adalah DirectStorage API, yang bisa meningkatkan waktu loading ketika bermain game.

Steam Deck Tambahkan Dukungan untuk Windows 11 3

Namun, perlu diketahui jika dukungan untuk Windows 11 pada Steam Deck belum sepenuhnya teroptimalisasi dengan baik. Beberapa driver juga belum mendapatkan dukungan, salah satunya adalah driver untuk audio baik via speaker maupun headphone jack 3.5mm. Selain itu, Steam Deck juga belum mendukung dual-boot, sehingga jika ingin memasang Windows 11, maka pemain harus merelakan sistem operasi bawaan Steam Deck untuk dihilangkan.

Sebelumnya Steam Mendapat Pembaruan Driver untuk Windows 10

Steam Deck Tambahkan Dukungan untuk Windows 11 4

Sebelumnya, Steam Deck mendapat pembaruan driver untuk Windows 10 namun sayangnya, sejumlah laporan menyebut jika terdapat masalah performa ketika memainkan beberapa game. Game seperti Doom Eternal mengalami penurunan frame-rate dari 34fps ke 19fps, sementara game seperti Elden Ring tidak mengalami masalah serupa.

Nampaknya terlalu dini untuk bisa menjalankan Windows 10 atau Windows 11 di PC portabel seperti Steam Deck dengan optimal, sama seperti di PC konvesional. Dapat dipahami jika masalah akan ada banyak masalah muncul terutama di masa awal implementasi OS yang berbeda seperti ini, namun yang pasti, dukungan demi dukungan dan perbaikan demi perbaikan akan diberikan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Sumber: PCGamesN


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Steam Deck atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version