Steam Hardware Survey Buktikan Bahwa Prosesor Enam Inti Jadi Andalan

Steam Hardware Survei Maret 2022

Berbicara perkembangan di dunia teknologi, khususnya personal computer, baik itu komputer desktop maupun laptop tentu akan alami perubahan. Sama halnya dengan hal yang dilakukan oleh Steam melalui Steam Hardware Survey, yang tunjukkan bahwa prosesor enam inti jadi andalan.

Prosesor Enam Inti, Andalan Gamers Berdasarkan Steam Hardware Survey

Informasi ini tentunya berdasarkan Steam Hardware Survey yang dilaksanakan rutin tiap bulannya. Dari survei yang dilakukan oleh raksasa Valve tersebut, kita dapat melihat rock-bottom dan hardware favorit yang digunakan oleh mayoritas gamers.

Kali ini bukan graphic processing unit (GPU) yang akan jadi topik utama di pembahasan kali ini. Adalah NVIDIA GTX 1060 yang merupakan kartu grafis terpopuler, setidaknya berdasarkan survei bulanan tersebut.

Faktanya, sebuah personal computer, tentu tidak hanya gunakan prosesor saja, meski memang ada beberapa yang ‘bisa’. Kalian tentu akan tercengang terkait hasil yang berhasil dikumpulkan oleh Valve di bawah ini.

Prosesor dengan lebih banyak inti semakin diminati, Sumber: Steam

Melihat gambar hasil Steam Hardware Survey di atas, terlihat prosesor enam inti alias hexa-core mulai geser tahta prosesor empat inti alias quad-core. Meski selisihnya per bulan Maret 2022 ini hanya sekitar 1.19%, namun survei ini menunjukkan bahwa tuntutan prosesor kuat makin besar.

Menariknya, peningkatan tersebut tak hanya terjadi pada prosesor hexa-core saja. Masih berdasarkan gambar di atas, terlihat bahwa prosesor delapan inti alias octa-core pun alami pertumbuhan yang termasuk lumayan.

Salah satu prosesor dengan enam inti suguhan Intel

Untuk prosesor yang tawarkan lebih dari delapan inti, sebenarnya cukup alami peningkatan, namun terbilang tak terlalu besar karena faktor ‘harga’. Meski demikian, adanya penambahan bahkan sebesar 0.04% pun harus dihargai karena merupakan proses evolusi dunia teknologi khususnya komputer.

Dari survei tersebut, tampaknya dapat kita simpulkan bahwa ke depannya prosesor dengan enam atau delapan inti akan menjadi standar terendah. Namun, harus digarisbawahi bahwa banyaknya jumlah cores dan threads sebuah prosesor harus disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya ya, brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version