Steam Kehabisan CD-Key Selama Sale, Namun Tetap Lanjut Menjual Game Tersebut

ss d1a4a6117588aa4316cbe6d61182ec970085fe1e.1920x1080

Beberapa orang mungkin berpikir toko game digital seperti Steam pasti takkan pernah mengalami masalah “kehabisan stok” seperti toko-toko game retail, karena mereka bisa membuat CD-Key kapan saja dan dimana saja dengan satu klik komputer. Hal ini tak terjadi untuk para pembeli game Splinter Cell: Blacklist yang kini sedang diskon 75%.

Steam memulai sale untuk seluruh game Splinter Cell mulai dari tanggal 28 Oktober kemarin, dan karena Blacklist adalah seri paling baru dari franchise Stealth ini, para pemula sekaligus fans lama kemungkinan besar akan membeli yang satu ini. Dalam waktu 2 hari saja, stok CD-Key dari game ini telah kehabisan dan para pelanggan yang mencoba untuk meminta CD-Key baru ini hanya akan mendapatkan pesan error “failed to contact key server“.

Steam support sekaligus Ubisoft berjanji akan memperbaiki masalah ini dan CD-Key para pembeli akan hadir pada tanggal 30 Oktober kemarin, namun kenyataannya masih banyak pembeli yang mengalami error yang sama. Tak sedikit dari para pembeli Splinter Cell: Blacklist ini meminta refund karena tak puas tidak bisa langsung memainkan game yang mereka bayar, namun beberapa masih setia menunggu kehadiran CD-Key mereka hingga saat ini.

Walau mungkin bisa dimaklumi jika game tersebut bisa kehabisan stok key khususnya pada saat diskon seperti ini, tetap melanjutkan menjual game ini tanpa memberi indikasi jika gamenya sedang dihadapi dengan masalah aktivasi menjadi keputusan yang salah dari Valve. Pembeli telah habiskan waktu mereka mendownload game yang ukurannya mencapai 20GB hanya untuk menjadi “rongsokan” di HDD atau harus menunggu beberapa hari untuk bisa bermain tentu akan menyebalkan banyak pembeli.

Tentu mereka bisa meminta refund kapan saja, akan tetapi hal ini bisa saja dihindari dengan menaruh peringatan pada store page game tersebut atau bahkan memblokir sementara opsi membeli game itu agar tidak membuat pembeli menghabiskan waktu mereka untuk game yang mereka tak bisa main disaat itu juga.

Source: Kotaku

Exit mobile version