Steam Kini Telah Berusia 18 Tahun

Steam 18 Tahun Legal

Meluncur pertama kali pada tahun 2003 sebagai sebuah launcher untuk mewadahi seluruh game besutan Valve, hingga kini menjadi platform distribusi video game digital terbesar saat ini tentu merupakan sebuah pencapaian yang fantastis. Tepat pada 12 September lalu, Steam resmi memasuki usia 18 tahun.

Walau mungkin kebanyakan orang mengetahui Steam sebagai tempat pertama yang direkomendasikan jika ingin membeli suatu video game saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa awal perilisannya sendiri bisa dibilang kurang sukses mencuri hati para fans. Salah satunya tentu karena konsep membeli sebuah produk digital yang kala itu kurang diminati banyak orang, bahkan ketika membeli versi fisiknya yang tetap harus didaftarkan dengan terhubung ke internet.

Pada tahun 2004, Valve merilis Half-Life 2 yang mengharuskan pemainnya untuk mengakses gamenya lewat launcher Steam. Walau memang gamenya sendiri menerima respon yang begitu positif, dari sisi Steam-nya sendiri masih dibilang tidak begitu disukai oleh fans; seperti server yang buruk, pemain tidak bisa login, serta tentu saja desain UI yang kurang menarik.

via Reddit

Pada tahun 2005, Valve mulai menawarkan kerja sama dengan developer maupun publisher luar atau pihak ketiga untuk menjualnya game-gamenya lewat Steam. Game indie berjudul Rag Doll Kungfu besutan Mark Healey menjadi game pertama bukan buatan Valve yang terantcum di Steam kala itu.

Pada tahun 2007, Steam telah menampung lebih dari 150 video game dengan jumlah pemain terdaftar mencapai 13 juta orang. Per Februari 2021, terdapat lebih dari 50 ribu video game yang tersedia di Steam dengan jumlah pemain aktif perbulannya yang bisa mencapai lebih dari 120 juta orang. Tidak ketinggalan, Steam juga resmi memasukkan mata uang Rupiah Indonesia pada 16 September 2014.

Apresiasi tentu patut diberikan kepada Valve karena bisa terus bertahan dan berinovasi hingga memasuki umur yang dianggap masa “dewasa” ini. Walau demikian, entitas Steam sebagai wadah distribusi game digital nomor satu mulai mendapat tantangan dari berbagai platform lain, salah satunya seperti Epic Games yang tiap minggunya tidak segan-segan memberikan game gratis.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Steam atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version