Steam Usung Kebijakan Baru, Tegaskan Diskon Game Kini Tak Boleh di Atas 90%

Steam Larang Diskon 90%

Untuk urusan diskon, Steam boleh dibilang adalah platform yang selalu punya sejarah manis di hadapan para user-nya. Dari waktu ke waktu juga selalu konsisten dalam menghadirkan potongan diskon game yang dinanti-nanti, platform milik Gaben ini rupanya baru saja mengusung suatu kebijakan menarik terkait fitur yang dikenal sangat menguntungkan konsumen tersebut.

Dilansir dari laman Steamworks Documentation yang dikhususkan untuk pihak developer, ada beberapa perubahan yang akan Steam tegaskan perihal diskon. Yang pertama, mulai dari jeda diskon yang kini semakin diperpendek menjadi 4 minggu (28 hari) ketimbang 6 minggu. Jeda aturan tersebut berlaku untuk segala macam jenis diskon, kecuali pada promo-promos diskon utama seperti Steam: Lunar New Year, Summer, Autumn, dan Winter Sale.

Steam Usung Kebijakan Baru, Tegaskan Diskon Game Kini Tak Boleh di Atas 90% 2

Dari sana, Steam pun menegaskan bahwa sebelum jeda waktu 28 hari, para developer sama sekali tidak diperbolehkan untuk mendiskon suatu game pada waktu beberapa saat setelah harga gamenya dinaikkan. Bahkan, pihak Steam atau Valve juga ikut menentukan berapa saja batas minimal hingga maksimal diskon yang bisa dimuat. Di mana menariknya, Valve membatasi developer untuk tidak boleh memberikan diskon di atas 90% maupun yang terlalu rendah di bawah 10%.

Valve sendiri tidak memberitahukan alasan pasti kenapa mereka menetapkan kebijakan pembatasan diskon. Tapi banyak yang mempercayai bila kebijakan ini diusung demi menekan fenomena kemunculan game-game Shovelware di Steam yang masih jadi isu masalah klasik. Mengingat game Shovelware atau game yang kualitasnya dibuat secara asal-asalan ini kerap mengiming-imingi pemain dengan harga diskon di atas 90% agar terasa mengundang banyak perhatian.

Sayangnya, belum jelas apakah kebijakan pembatasan itu bakal berdampak pada tak adanya lagi yang namanya promosi gratis, atau gelaran promosi game yang didiskon 100% dalam jangka waktu tertentu di Steam? Yang pasti, kebijakan ini rencananya akan mulai aktif diberlakukan oleh Valve pada per tanggal 28 Maret 2022 mendatang.

Sumber: Steam


Baca pula informasi lain terkait Steam, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version