Steam Mulai Sangat Sulit Untuk Diakses Sejak Minggu Lalu di China

in

Steam adalah platform distribusi game yang sudah cukup terkenal di era digital ini. Sudah 14 tahun berpengelaman dalam membantu para kreator game dalam memasarkan game karya mereka, Steam bisa dibilang sudah hampir pasti ada di PC atau Laptop dari seluruh game di dunia. Termasuk di beberapa negara yang bisa dibilang jarang bisa diakses dengan mudah seperti China.

Namun ada kejanggalan yang terjadi beberapa hari kebelakang ini bagi para pengguna Steam di China. Dimana banyak Redditor yang mengaku tidak bisa mengakses laman Steam Community setelah beberapa kali mencoba. Aktifitas seperti mengecek promosi terbaru, dan  melihat aktifitas teman di Steam, hanya akan memunculkan pesan Error walau berapa kalipun dicoba.

ValveTime, sebuah akun twitter yang biasanya membahas isu-isu komunitas terbaru tentang Steam berspekulasi bahwa bisa jadi Steam sudah diblok untuk para pengguna di China. Walau mereka sendiri mengakui bahwa laman Steam Store sendiri masih bisa diakses seperti biasa, dan hanya laman Steam Community saja yang bermasalah untuk sekarang.

Namun beberapa pengguna Steam melaporkan bahwa sudah tidak bisa mengakses Steam lagi melalui PC mereka dalam beberapa hari kebelakang ini. Setiap kali mereka mencoba mengaksesnya, maka akan terjadi kegagalan dan hanya akan menampilkan laman Steam Guard saja pada saat mencoba melakukan login ke Steam.

Beberapa orang memprediksi bahwa hal ini mungkin saja diakibatkan oleh PUBG alias PlayerUnknown’s Battleground yang sedang ngetrend sekali dikalangan game di China. Bahkan 40% pengguna aktif dari PUBG sekarang diisi oleh para pemain asal negerei bambu tersebut. Sulitnya mengakses Steam belakangan ini bertepatan dengan rilisnya PUBG di Steam.

Hal ini dikhawatirkan beberapa orang adalah sebuah permainan dari perusahaan-perusahaan besar yang memiliki game sejenis PUBG dan melakukan sabotase dan berbagai cara untuk bisa merebut pasar PUBG yang sangat besar di China, untuk beralih ke game yang mereka buat. Mengingat belakangan ini sudah banyak sekali game tiruan PUBG dari developer China.

Atau mungkin karena beberapa perbedaan nilai yang dimiliki antara masyarakat China dan beberapa elemen dari game PUBG sendiri yang membuat pemerintah China dengan cepat memblokir akses Steam di negaranya. Memang sampai sekarang kejadian ini masih sangatlah abu-abu dan belum keluar titik terang sama sekali dari seluruh pihak yang terkait.

Walau memang jika dilihat kembali, legalitas dari Steam untuk bisa meraih pasar di China masih harus dipertanyakan. Mengingat memang China memiliki aturan-aturan yang cukup rumit dalam mengontrol akses Internet keluar. Sehingga mungkin ini adalah langkah nyata pemerintah China untuk menegakkan hukum yang mereka punya.

Mengingat pemblokiran Steam-pun pernah dilakukan oleh negara tetangga kita saat mereka mengecam keras adanya sebuah game berjudul Fight of Gods yang menampilkan game fighting dengan karakter dari tokoh-tokoh agama, seperti Buddha, Yesus dan beberapa lainnya. Namun alasannyalah yang measih menjadi pertanyaan semua orang kenapa Steam harus diblokir untuk penggunanya di China.

Lis Adikarta

Written by Lis Adikarta

Penulis rumahan, menulis hal-hal tentang DOTA2 & Pokemon. Waiting List buat jadi Pengangguran.