Steam Next Fest Bantu Banyak Penjualan Game yang Didemokan

Steam Next Fest Oktober 2021
Steam Next Fest jadi event marketing yang efektif bagi ragam developer indie.

Sejak peluncurannya, Steam miliki masalah utama yang hingga detik ini masih berusaha Valve perbaiki yakni “discoverability”. Masalah ini membuat banyak game yang muncul di laman home Steam tak sesuai dengan selera gamer masing-masing.

Valve telah berikan ragam cara untuk menyelesaikan masalah tersebut, mulai dari menggunakan AI untuk membaca dan mencatat game yang disukai player, hingga menspesifikasikan apapun yang mereka mainkan dan lihat.

Mereka juga sepertinya memiliki cara baru yang disisipkan dalam sebuah event bertajuk “Steam Next Fest”, sebuah event di mana player bisa langsung mencicipi game yang dipamerkan di dalamnya sejak tahun 2020 kemarin dengan nama Steam Game Festival.

Cara ini rupanya terbukti membantu banyak penjualan game baru yang hadirkan demo dalam eventnya. Valve menjelaskan dalam blognya bahwa Steam Next Fest membantu penjualan dan wishlist game yang dipamerkan.

Developer Half-Life tersebut juga mengaku bahwa tujuan awal diadakannya event tersebut adalah mengatasi masalah “discoverability” yang menjadi polemik Steam selama bertahun-tahun. Valve mencatat setidaknya ada peningkatan dalam wishlist setiap harinya hingga 421% saat event berlangsung.

Setengah dari game yang dipamerkan dalam bentuk demo di mana terdapat lompatan sebanyak 45%. Menariknya, hanya 5% dari game yang dipamerkan miliki penurunan tingkat wishlist.

Tak hanya itu Valve mengaku bahwa wishlist game yang muncul masih terus bertahan hingga eventnya berakhir. Mereka juga mencatat bahwa rata-rata wishlist meningkat setelah event selesai lebih dari tiga minggu.

Wishlist tersebut juga tercatat terkonversi sebagai penjualan game sebanyak 292% saat event berlangsung khusus game yang bisa dibeli saat itu juga.

Valve menjelaskan bahwa ketertarikan player semakin meningkat sejak event Steam Next Fest digelar. Mereka mencontohkannya dengan data yang mencatat bahwa terdapat peningkatan wishlist melalui perbandingan tahun 2020 dan 2021.

Steam Next Fest akan terus berlanjut setiap tahun, tahun ini Valve telah menggelarnya dua kali dan akan kembali melakukannya pada tanggal 1-7 Oktober 2021 nanti. Developer yang ingin berpartisipasi memiliki waktu hingga tanggal 15 Agustus 2021.


Baca lebih lanjut tentang Steam, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version