Sejak pertama kali muncul sebagai suatu software client pada tahun 2003 silam, nampak banyak sekali tantangan yang sempat dihadapi oleh Valve sebelum mulai bisa mengembangkan platform Steam hingga seperti sekarang. Hal itu juga seolah membuat pamornya sebagai toko game digital masih belum cukup meredup, khususnya di tahun 2020 ini.
Kebetulan pada hari minggu malam kemarin, pihak Steamdb baru saja membuktikan hal tersebut. Dimana mereka telah menemukan bahwa jumlah tingkat pengguna aktif bersamaan dari platform “sejuta umat” bagi para gamer-gamer PC ini masih tetap bisa naik sampai ke angka yang setinggi-tingginya.
.@Steam has broken its record for most concurrently online users that was held for two years. Previous record was 18,537,490 users. It’s still increasing!
But there’s about 1 million less players actually in-game (?5.8mil vs ?7mil two years ago).https://t.co/D6WDHbz0B4
— Steam Database (@SteamDB) February 2, 2020
Akan tetapi, pada proses penghimpunan data yang terpisah (dilansir melalui road to VR), jumlah kenaikan tersebut nampak juga ikut diselingi oleh naiknya jumlah penikmat game-game VR di akhir tahun 2019 kemarin.
Sehingga dari sana, muncul pula asumsi lain yang menyebut bila digratiskannya seluruh franchise game Half-Life untuk sementara demi menyambut kehadiran seri barunya yang berjudul Half-Life: Alyx sebagai salah satu faktor meningkatnya jumlah tingkat aktivitas para pengguna di platform Steam. Terutama dalam membuat banyak gamer untuk sedikitnya mau melirik maupun online secara terus-menerus di sana.
Sumber: Steamdb, Road to VR
Baca pula informasi lain terkait game Steam, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.