Steam Resmi Rilis di Tiongkok; PS5 Menyusul

in , ,
Steam China
Tiongkok akhirnya resmi dapatkan support Steam.

Di tengah pandemi yang membiarkan beberapa perusahaan untuk bekerja di rumah memang memberikan keuntungan tersendiri bagi beberapa industri. Salah satunya adalah industri gaming. Meroketnya perkembangan selama COVID-19 sudah pasti menjadi rahasia umum bahwa semakin banyak orang yang membutuhkan refreshing sembari mengerjakan kewajibannya.

Keadaan ini rupanya dimanfaatkan oleh Valve untuk memperluas jangkauan mereka demi dapatkan versi resmi Steam di Tiongkok.

Seperti yang telah kita ketahui, Steam versi internasional telah tersedia di Tiongkok selama bertahun-tahun. Namun kini Valve akhirnya merilis versi resmi Steam China di negara tirai bambu tersebut.

Menurut analis video game Daniel Ahmad, versi Steam China saat ini direncanakan untuk miliki 40 judul game yang 10 atau lebih akan segera dirilis. Beberapa di antara judulnya adalah Counter-Strike: Global Offensive dan Dota 2 yang masih dalam status belum rilis. Dalam perilisan resmi ini, Valve bekerjasama dengan Perfect World untuk berikan support pada para gamer Tiongkok.

Dengan peluncuran tersebut, versi internasional Steam tentu saja kemungkinan bisa ditutup oleh pemerintah Tiongkok. Hal ini karena ia miliki game yang belum resmi diakui. Sementara versi Tiongkok Steam hanya akan miliki game yang telah diakui oleh pemerintah.

Lebih lanjut, Daniel Ahmad juga jelaskan bahwa PlayStation 5 akan menyusul perilisannya secara resmi di Tiongkok. Sony China akan resmi merilis PlayStation 5 pada kuartal kedua 2021.

Ahmad melanjutkan bahwa mesin milik Sony tersebut telah diakui oleh pemerintah Tiongkok dengan sertifikat resmi sejak bulan Desember 2020 kemarin. Dengan kata lain console tersebut akan meluncur lebih cepat dibanding PlayStation 4 yang harus rilis tahun 2015, dua tahun sejak perilisan resminya tahun 2013.

Sementara di sisi lain, Microsoft sendiri hingga saat ini masih belum konfirmasikan apapun tentang kapan Xbox Series X/S akan dirilis di Tiongkok.


Baca lebih lanjut tentang Steam atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).