Steam Review Sering Disalahgunakan Developer, Valve Ambil Tindakkan

un2etkbbef6pofnpabkt 1

Valve mulai hari mengubah sedikit aturan mereka untuk Steam reviews yang ada di tiap halaman masing-masing game. Perubahan terbesar yang mungkin kalian sadari sekarang di tiap halaman game adalah keberadaan filter untuk user review.

Steam menambahkan filter review yang untuk review yang positif serta negatif, serta review yang berasal dari pemain yang membeli game tersebut langsung dari Steam dan review yang berasal dari pengguna yang menggunakkan aktivasi code key.

Valve kini juga membuat keputusan bahwa “Overall rating” hanya akan didasarkan pada review yang datang dari gamer yang membeli game langsung lewat Steam, dan bukan dari aktivasi key. Peraturan baru dari Valve ini tentunya akan merubah score secara drastis untuk beberapa game. Hal ini dilakukan Valve karena mereka merasa developer mulai mengeksploitasi keberadaan Steam review dengan cara membuat sebanyak mungkin review palsu yang positif agar “Overall rating” game mereka naik.

Menurut hasil analisis Valve, game-game yang berasal dari aktivasi key lebih banyak mendapatkan review positif ketimbang dari mereka yang membeli langsung dari Steam. Melihat developer bisa membuat product key sebanyak mungkin, tentunya Valve curiga kalau developer mulai licik dan menyalahgunakan fitur user review untuk menguntungkan produk mereka.

“Kebanyakan manipulasi skor review dari pihak developer yang sering kami awasi datang dari proses pemberian Steam key untuk game mereka, yang dimana nantinya akan menghasilkan review yang sifatnya positif. Beberapa developer mengorganisirkan sistem mereka sendiri dengan menggunakan Steam key dan akun-akun berbeda. Bahkan ada beberapa organisasi yang menawarkan layanan untuk menuliskan review positif.”

Valve tak tanggung-tanggung akan ban akun dengan review palsu serta mengakhiri hubungan bisnis dengan developer yang masih mau melanggar peraturan tersebut.

Developer tentunya tetap diperbolehkan untuk membuat product key sebanyak mungkin, dan terserah mau diapakan product key tersebut – mulai dari melakukan giveaway atau menjualnya lewat store lain. Hanya saja review yang berasal dari aktivasi key ini tidak akan mempengaruhi score review yang ada di halaman Steam.

Source : PCgamer

Exit mobile version