Steam sedang Proses Daftar PSE Asing, Blokir akan Dibuka dalam Waktu Dekat

Kominfo Resmi Cabut Blokir Steam

Steam Sedang Proses Daftar PSE – Hari kedua pemblokiran, sampai saat ini platform gaming ternama yakni Steam masih belum dapat diakses di wilayah Indonesia. Peraturan baru mengenai pendaftaran PSE menjadi alasan situs milik perusahaan Valve tersebut diblokir aksesnya. Hal ini tentu membuat para gamer tanah air geram, yang juga tak lepas dari para pihak developer game lokal.

Meski begitu, baru saja dikonfirmasi bahwa platform besutan Gabe Newell tersebut nantinya akan segera dibuka dalam waktu dekat ini. Konfirmasi datang langsung dari Kementrian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo yang mengaku telah dihubungi oleh pihak Valve perihal pendaftaran PSE.

Kominfo Konfirmasi Steam Sedang Proses Daftar PSE

Sedang Proses Daftar PSE

Melalui konferensi pers, Semuel Abrijani Pangerapan selaku Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo menyatakan bahwa Steam, DOTA dan CSGO dipastikan tengah dalam proses pendaftaran PSE. Semuel berjanji bahawa pemblokiran akan segera dicabut setelah pelengkapan pendaftaran berhasil.

“Mereka sudah berhasil mengontak kita, jadi sekarang sudah terjadi korespondensi antara Steam, Dota, dan CSGO. Mereka sudah menyatakan kalau lagi memproses, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini mereka sudah bisa melengkapi segala data dan kita harapkan mereka dapat segera melengkapi dan dapat dibuka kembali. Dan juga masyarakat yang menggunakan game ini sudah bisa segera dapat menggunakannya kembali”

Semuel Abrijani

Semuel juga kembali menegaskan bahwa seluruh pelaku PSE wajib untuk mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sekaligus memotivasi penyedia layanan apapun untuk bergabung dalam ekosistem digital Indonesia.

“Tapi kami tetap selalu membuka peluang bagi siapapun yang ingin menjadi bagian dari ekosistem digital Indonesia, kami tetap membuka ini baik itu asing maupun dalam negeri, aturan adalah aturan, di mana bumi dipijak, di situlah langit itu dijunjung. Setiap negara punya aturannya, dan aturan ini diberlakukan agar pertumbuhan ekonomi digital kita dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia,”.

Semuel Abrijani

Akses Diblokir, Netizen Geram

Akses Diblokir, Netizen Geram

Akses berbagai platform yang dibatasi tentu menimbulkan kegeraman di kalangan para gamer Indonesia. Hingga kini, bulan-bulanan masih terus dilayangkan berupa kritik pedas bahkan hingga berbagai guyonan dalam bentuk meme. Tak hanya platform layanan game milik Gaben saja, namun platform lainnya juga bernasib sama seperti Epic Games Store, Origin hingga layanan keuangan PayPal.

Akun sosial Kementrian Komunikasi dan Informatika seperti Instagram, Facebook dan Twitter kini menjadi sasaran utama para netizen untuk melayangkan kritikannya. Tagar #BlokirKominfo menjadi senjata ampuh para pengguna internet untuk melampiaskan kemarahannya atas kekecewaan dalam kebijakan peraturan PSE.

Mudah-mudahan saja, segala permasalahan yang terjadi belakangan ini dapat segera teratasi dan kembali seperti normal. Saat ini, masih belum diketahui apakah platform lainnya seperti Epic Games Store akan mengikuti jejaknya dalam melakukan pendaftaran PSE. Sehingga, untuk sementara ini mungkin para pengguna dapat mencoba cara alternatif dengan aplikasi DNS CLoudflare yang langkah-langkah cara kerjanya dapat dilihat dalam tautan berikut.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Steam, Kominfo atau artikel lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version