Steam Tambahkan Dana Sebagai Metode Pembayaran di Indonesia

Steam X Dana
Mungkinkah sistem pembayaran lain menyusul?

Kita tahu bahwa selama ini Steam Wallet Gift Card adalah satu-satunya cara pembayaran bagi player yang ingin membeli game di Steam namun tak memiliki kartu kredit di Indonesia. Gift Card tersebut bisa dibeli melalui marketplace lokal dan para penjual lokal yang sudah banyak menjamur.

Namun masalah penipuan dan pencucian uang via Steam Wallet yang sedang marak akhir-akhir ini membuat para penjual yang jujur harus terkena imbasnya. Valve lakukan regulasi super ketat atas penyebaran Steam Wallet dengan mengunci semua kode hanya bisa diaktifkan untuk satu regional saja.

Hal tersebut membuat mereka harus memberikan opsi pembayaran lain untuk beberapa wilayah, salah satunya adalah Indonesia yang mayoritas masyarakatnya tak memiliki kartu kredit.

Entah kapan opsi pembayaran baru ini ditambahkan, namun Steam Indonesia saat ini miliki opsi pembayaran via Dana, sebuah aplikasi dompet digital Indonesia yang tersedia di ponsel pintar.

Kami menyusuri pembayaran ini dengan mencoba membeli Roboquest dan benar saja terdapat opsi Dana saat berada pada menu data kartu kredit. Memilih Dana akan dialihkan ke sebuah jendela baru yang mana mereka dibantu oleh sistem pembayaran Alibaba yakni AliPay dan didukung oleh Smart2Pay asal Belanda yang muncul sekilas, sebelum akhirnya masuk melalui website resmi penyedia dompet digital tersebut.

Dari laman Dana, player harus memasukkan nomor handphone yang terdaftar di akunnya yang kemudian akan ditarik langsung oleh pihak Steam bersama Wallet yang telah ada. Dengan kata lain, player bisa memiliki dua opsi pembayaran untuk Indonesia: Wallet dan Dana.

Tentu saja hal ini akan berimbas pada pedagang Steam Wallet lokal yang telah menjamur. Kemungkinan dagangan mereka akan tambah sepi semakin menjadi momok yang menakutkan bagi masa depan mereka.

Belum jelas apakah pada nantinya Valve atau pihak dompet digital lain seperti OVO, Gopay, hingga Doku akan mengikuti jejak Dana untuk menambah opsi pembayaran di Steam di masa datang.


Baca lebih lanjut tentang Steam, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version