Parodi Steamboat Willie Mickey Mouse di YouTube Tetap Kena Klaim Hak Cipta

Steamboat Willie mickey mouse

Semua pada tahu kalau Januari ini, Steamboat Willie resmi masuk ke domain publik. Kartun tahun 1928 ini mengisahkan karakter ikonik Disney yaitu Mickey Mouse. Dengan masuknya ke domain publik, bukan berarti siapapun bisa punya kesempatan untuk membuat konten berdasarkan kartun tersebut.

Pasalnya, meski sudah banyak game dan proyek video yang diumumkan, ternyata konten yang sudah terlanjur diunggah ke YouTube juga berpotensi kena klaim hak cipta. Seperti yang dialami oleh seorang konten kreator YouTube ini.

Video Parodi Steamboat Willie Mickey Mouse Masih Kena Copyright Claim di YouTube

Brock Baker unggah klaim hak cipta di X

Seorang pengisi suara bernama Brock Baker mengungkapkan kalau dirinya mendapatkan klaim hak cipta atau copyright atas video YouTube-nya yang merupakan parodi dari Steamboat Willie pada 4 Januari lalu.

Untung saja klaim copyright tersebut dicabut oleh Disney dan menyebabkan banyak yang berpikir kalau ini hanyalah sebuah kesalahan belaka. Tapi, ternyata cerita tidak berhenti sampai disitu saja.

Ya, benar. Video tersebut mendapatkan klaim copyright kedua setelah itu namun, kali ini datang dari UMG atau Universal Music Group. Klaim ini bisa mereka lakukan karena terindikasi soundtrack di video tersebut merupakan hal milik UMG.

Tidak Hanya 1-2 Orang, Banyak Konten Kreator yang Kena

Banyak konten kreator lain yang alami hal serupa

Seperti kasus pertama tadi, UMG juga mencabut klaim tersebut dan sekali lagi Baker memenangkan dispute atas YouTube. Hanya saja kasus klaim hak cipta ini tidak cuma menimpa Baker.

Ada beberapa konten kreator lain seperti Vailskibum juga membahas hal yang sama. Dimana orang yang mengunggah konten Steamboat Willie tetap mendapatkan demonetisasi alias Dollar kuning.

Video yang kena copyright tidak sama dengan DMCA. Perbedaannya adalah video copyrighted berarti pemilik hak cipta yang mengatur apakah video tersebut bisa dimonetisasi atau tidak. Sedangkan DMCA berarti video tersebut diminta untuk segera dihapus karena melanggar ketentuan.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version