Storage dari Steam Deck Kabarnya Bisa Di-upgrade, tapi Tidak Disarankan

Penyimpanan Steam Deck

Steam Deck yang merupakan sebuah handheld computer terbaru dari Valve ini adalah jawaban untuk bersaing dengan handheld console. Steam Deck ini menggunakan Steam OS untuk dapat memainkan hampir semua game yang ada di Steam library penggunanya. Mulai dari game ringan dan casual, sampai dengan game AAA diklaim mampu untuk berjalan pada handheld computer dari Valve ini.

User Bertanya, Gaben Menjawab

Gabe Newell yang lebih dikenal dengan Gaben ini merupakan pimpinan dari Valve. Beliau menjawab beberapa pertanyaan yang dilayangkan oleh seorang pengguna di Reddit, termasuk midnight_watch terkait media penyimpanan yang digunakan Steam Deck.

SSD yang digunakan oleh Steam Deck menggunakan slot M.2 2230 standar seperti yang biasa kita temui pada komputer dan laptop. Namun, hal ini kurang direkomendasikan karena media penyimpanan tersebut tidak dimaksudkan untuk bisa diganti sendiri oleh penggunanya.

Hal ini bisa dilihat pada spesifikasi Steam Deck di sini, dan pada gambar di bawah yang menekankan bahwa pengguna tidak direkomendasikan untuk menggantinya sendiri.

Hal ini mungkin dilakukan oleh sebagian pengguna untuk dapat membeli varian Steam Deck yang lebih murah, dan melakukan upgrade di kemudian hari. Alasan lainnya adalah dengan melakukan upgrade, pengguna tidak perlu menggunakan slot SD Card yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan SSD.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Tidak Disarankan Karena Dapat Menghilangkan Garansi

Secara resmi, spesifikasi Steam Deck menyatakan bahwa semua model memiliki slot M.2 2230 standar ini. Perlu diperhatikan bahwa untuk menggunakan slot M.2 ini, kita perlu membongkar Steam Deck, sehingga besar kemungkinan akan menghilangkan garansi.

Select-Deer7961 di Reddit juga mengatakan bahwa M.2 2230 merupakan faktor bentuk yang tidak umum, seperti yang digunakan pada Microsoft Surface. Sehingga akan lebih bijak bila pengguna memilih varian yang memiliki penyimpanan besar dibandingkan harus menghilangkan garansi dari handheld computer ini.

Sebenarnya, ini bukan masalah faktor bentuk yang tidak umum, namun lebih ke faktor resiko bila menggantinya secara sendiri sehingga menghilangkan garansi. Untuk M.2 2230 sendiri bisa kita temui di e-commerce kesayangan kita dengan harga dan size yang bervariasi.

Gimana menurut kalian, brott? Sebenarnya tidak ada salahnya untuk mengganti penyimpanan internal Steam Deck, namun apakah sebanding dengan resiko yang mungkin terjadi? Bagikan pendapat kalian di bawah ya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version