Streamer Ini Bongkar Pendapatannya dan Streamer Top Lainnya di Twitch

DisguisedToastt

Industri game saat ini memang salah satu ladang untuk mengais pendapatan yang diincar oleh semua orang khususnya para gamers. Untuk mendapatkan pundi-pundi tambahan setidaknya untuk menambah uang jajan juga banyak caranya, mulai dari menjadi pro player atau dibalik layar sebaai analis dan komentator hingga menjadi streamer yang akan membuat kalian menjadi bintang sekaligus menambah penghasilan yang “lumayan”.

Beberapa streamer atau content creator lokal yang berkecimpung di dunia game juga telah terbukti memperoleh pendapatan yang bahkan diluar ekspektasi kalian. Diantaranya seperti, Jessnolimit sebagai content creator sekaligus pro player Mobile Legends: Bang Bang bahkan bisa membeli mobil sports. Diluar sana juga banyak streamer atau content creator dengan subscriber yang banyak dan kalian pasti tahu, Tyler “Ninja” Blevins yang merupakan streamer dengan total follower terbanyak di Twitch mencapai 11 juta lebih. Namun parameter yang paling menentukan pendapatan dari streamer Twitch adalah subscriber.

Baru-baru ini, salah seorang streamer sekaligus content creator, yaitu Jeremy “Disguised Toast” Wang yang merupakan streamer sekaligus content creator Hearthstone di Twitch merilis sebuah video di YouTube yang membahas bagaimana mendapatkan “uang” melalui Twitch. Dia juga menyinggung Ninja yang memiliki subscriber banyak tersebut bisa menghasilkan “uang” seberapa banyak.

Disguised Toast mengungkapkan bahwa streamer memperoleh pendapatan berdasarkan empat kateori, yaitu donasi, iklan, subscriptions dan sponsorship. Donasi dan iklan biasanya tidak terlalu banyak menghasilkan uang bahkan cenderung tiddak menentu. Disguised Toast menyebutkan bahwa dia bisa mendapatkan $2.500 USD per bulan melalui donasi dan $4.000 USD per bulan melalui iklan.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sementara pendapatan dari subsrition bervariasi berdasarkan streamer. Terkadang bisa memperoleh 50 persen untuk streamer sementara 50 persennya lagi untuk Twitch. Seperti yang kita ketahui untuk berlangganan channel di Twitch memang kita harus membayar. Untuk streamer lain bahkan bisa medapatkan hingga 70 persen dari setiap subscription sementara Twitch hanya menerima 30 persen sisanya.

Berikut perhitungan yang dilakukan oleh Disguised Toast mengenai pendapatan yang diperoleh melalui Twitch. Dia mengatakan bahwa per bulan bisa mendapatkan kurang lebih $14.000 USD atas 4000 subscriber-nya. Pada dasarnya semakin banyak subscriber semakin banyak pula “uang” yang diperoleh oleh streamer. Sebagai contoh streamer populer Fortnite, Ninja berhasil memperoleh pendapatan $423.000 USD per bulan atas total subscriber-nya yang mencapai 121.000. Dan ini tidak berdasarkan akun higher-tier subscribtions, yang mana untuk subscribe direntang harga $9.99 USD hingga $24.99 USD.

Dan terakhir pendapatan yang bersumber dari sponsor. Mulai dari tweet, Instagram post, stream dan masih banyak yanglainnya. Dari sponsorship streamer bisa mendapatkan penghasilan per jam dengan rate antara $0.01 USD hingga $1 per viewer. Jadi jika di rata-rata setiap streamer ditonton kurang lebih 10.000 viewer maka penapatan bisa menapai $1.000 USD hingga $10.000 USD per jam selama stream tersebut disponsori.

Pada akhirnya jika dihitung-hitung memang streamer bisa menjadi salah satu pekerjaan yang mungkin disukai oleh banyak orang. Bagaimana tidak, semoboyan “bermain game dibayar” itu nyata adanya. Namun di luar negeri sendiri bisa mendapatkan penghasilan kurang lebih $240.000 USD per tahun (sebelum terkena pajak).

Exit mobile version