Streamlabs: Streamer PUBG Kian Menurun, Popularitasnya Berkurang?

in ,

Perkembangan player base pada suatu game memang tidak bisa dipisahkan dari peran influencer atau Streamer dalam menciptakan konten yang sesuai dengan game tersebut. Hal yang cukup mengejutkan terjadi pada salah satu game Battle Royale yang cukup terkenal yaitu PUBG. Melalui Press Release dari StreamLab nampaknya terjadi penurunan durasi jam Livestream PUBG pada platform milik StreamLab.

StreamLab sendiri merupakan perusahaan yang berada dibalik software Stream terkenal yaitu OBS dan juga Stream Lab. Mereka memang kerap mengupdate perkembangan platform mereka setiap 4 bulan sekali, memberikan mengenai trend-trend game apa dan platform mana yang sekarang sedang naik daun. Kembali ke topik PUBG, kali ini mereka tengah mengalami penurunan yang cukup tinggi. Semenjak awal tahun kemarin sampai sekarang PUBG telah kehilangan nyaris 30% durasi jam konten Stream game tersebut. Karena hal tersebut PUBG harus tergeser  ke posisi ke-tiga oleh LOL yang bertengger di posisi kedua dan Fortnite di posisi pertama.

Fortnite sendiri sukses meraih 19 Juta durasi konten livestream, LOL 3.6 Juta Jam, sedangkan PUBG 3.2 Juta durasi livestream. Sebagai perbandingan Fortnite nyaris 5.2 x lebih besar dibandingkan Livestream LOL sejauh ini. Fortnite sendiri cukup membabi buta dengan kenaikan angka sebesar 128% durasai jam livestream. Laporan ini sendiri berkisar dari bulan Juli 2018 sampai September 2018.

Buat kalian yang tidak tahu apa itu StreamLabs dan OBS, dua software ini merupakan software pembantu livestream yang sangat ideal untuk kalian. Terlebih lagi StreamLabs meskipun masih beta namun UI yang mudah dan juga banyaknya template gratis yang disediakan membuat kalian nyaman menggunakannya.

Source: Streamlabs, Blastaway

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person