Studi Ungkap Super Mario Odyssey Bisa sebagai Obat Depresi

Studi Super Mario Odyssey

Studi Super Mario Odyssey – Meski dirilis di akhir tahun peluncuran Nintendo Switch, Super Mario Odyssey tetap menjadi salah satu game Nintendo Switch terbaik dan terlaris. Kombinasi platforming 2D dan 3D disamping mekanisme baru yang menarik, membantu game tersebut untuk jadi salah satu game paling berkesan dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak hanya itu, selain berbagai penghargaan dan catatan penjualan yang impresif, sebuah studi menemukan bahwa menghabiskan banyak waktu bermain Super Mario Odyssey ternyata memberi manfaat untuk kesehatan mental.

Game Super Mario Odyssey Bisa Jadi Obat Depresi

Buset, serius nih!?

Peneliti Jerman baru-baru menerbitkan hasil penelitian di jurnal Frontiers of Psychology yang menguji apakah game 3D dapat membantu mengurangi gejala Major Depressive Disorder (MDD).

Meski ukuran sampelnya terbatas, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa game 3D berpotensi “meningkatkan kesejahteraan subjektif”, meningkatkan motivasi untuk melanjutkan pengobatan dan meningkatkan fungsi memori visuo-spasial bagi penderita MDD.

Super Mario Odyssey

Penelitian tersebut diuji ke partisipan yang suka bermain game atau belum pernah bermain game yang diujikan, termasuk game ini. Hasilnya, game garapan Nintendo itu terbukti lebih efektif dalam mengurangi gejala depresi dibandingkan perawatan serupa seperti pelatihan kognitif khusus via software yang disebut CogPack.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa itu dikarenakan game seperti Super Mario Odyssey merupakan game yang menyenangkan, sehingga ada motivasi yang lebih besar untuk terus memainkannya dan menikmatinya.

Ternyata Ada Banyak Game Bisa Jadi Obat Kesehatan Mental

Apa saja gamenya, ya?

Masih ada banyak penelitan yang harus dilakukan mengenai game 3D dan MDD, di mana peneliti di penelitian tersebut bahkan mengatakan bahwa peningkatan ukuran sampel sangat diperlukan untuk penelitan lanjutan di masa mendatang.

Super Mario Odyssey sendiri bukan satu-satunya game yang pernah diteliti dan terbukti punya dampak baik terhadap kesehatan mental. Penelitian yang dilakukan FandomSpot menemukan bahwa beberapa game seperti Skyrim, Tetris, The Witcher 3, Minecraft dan No Man’s Sky terbukti dapat berpengaruh baik terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis pemain.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Super Mario Odyssey atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version