Studi Terbaru Tunjukan Pemain Xbox Lebih Agresif dari Pemain Playstation

in ,
Xbox Agresif
Xbox Agresif

Salah satu isu yang belum mereda dari industri game adalah isu game dapat menyebabkan kekerasan. Isu ini biasanya diidentikan pada berbagai game dengan konten kekerasan seperti, Call Of Duty, GTA 5, Mortal Kombat, dll. Meskipun hingga hari ini belum ada penelitian yang menunjukan secara langsung hal tersebut.

Dilansir dari Gamerant, studi terbaru tunjukan gamer Xbox lebih Agresif dari Playstation. Studi terbaru yang dilakukan seorang psikolog professional untuk mengungkap sisi agresif gamer. Ia menggunakan sampel 964 gamer. Di mana mereka ditugaskan untuk mengisi kusioner Buss Perry Aggression Questionnaire.

Kusioner tersebut sendiri berisi 29 pertanyaan yang akan mengukur sisi agresif berdasarkan poin tertentu. Kusioner tersebut mengukur sisi agresif berdasarkan 4 kategori yaitu fisik, verbal, kemarahan dan permusuhan seseorang. Mereka juga diminta untuk memilih tiga game yang paling mereka sukai dalam urutan preferensi dan sistem apa yang mereka gunakan untuk memainkan game tersebut.

Menurut penelitian tersebut, gamer Xbox adalah gamer paling agresif, mengungguli gamer PlayStation yang disurvei di keempat kategori. Peneliti juga menemukan bahwa gamer pria 20% lebih agresif daripada gamer wanita.

Menariknya juga, mereka yang bermain game selama 20-30 jam per minggu ternyata kurang agresif dibandingkan mereka yang bermain selama 11-20 jam per minggu. Tingkat agresif bahkan lebih rendah pada peserta yang bermain video game kurang dari 11 jam per minggu. Meskipun, begitu hasil penelitian di atas membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Oleh karena itu, pemaparan di atas memberikan gambaran tentang penelitian sisi agresifitas para gamer, terkhusus para gamer pada platform Xbox dan Playstation. Hal di atas tentunya memberikan pandangan baru soal para gamer.


Baca juga artikel artikel lainnya di Gamebrott atau artikel video game menarik lain dari Aru Akasa.

 

Avatar

Written by Ali

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com