Studio Saber Interactive Resmi Dijual, Kini Jadi Beacon Interactive

Studio Saber Interactive

Studio Saber Interactive – Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa Studio Saber Interactive telah menghapus logo Embracer Group dan kini telah dijual. Dan baru-baru ini, sepertinya rumor tersebut telah dikonfirmasi.

Kini Saber Interactive resmi dijual oleh Embracer Group dan dibeli oleh Beacon Interactive. Beberapa studio dibawah Saber juga ikut dibeli. Namun harga studio tersebut ternyata lebih rendah dari yang dikabarkan.

Studio Saber Interactive Resmi Dijual, Hanya 247 Juta US Dollar?

Surat Dari Beacon Interactive

Embracer Group kini telah mengumumkan bahwa mereka telah menjual studio tersebut kepada Beacon Interactive yang merupakan perusahaan yang dibangun oleh co-founder Saber yaitu Matthew Karch.

Saber kini telah dibeli dengan harga sebesar 247 Juta US Dollar dengan beberapa opsi dalam perjanjian yang mungkin bisa meningkatkan harga transaksi. Dan tentunya penjualan ini membuat Embracer juga akan menghentikan operasi mereka di Rusia dengan alasan “mengurangi resiko politik geografi”.

CEO Embracer yaitu Lars Wingefors mengatakan bahwa dirinya sangat senang bahwa semua pihak telah menemukan win-win solution untuk Embracer dan bagian Saber yang akan lepas dari group tersebut.

Menurutnya, transaksi ini akan membuat kedua perusahaan berada di posisi yang lebih kuat untuk jalan kedepannya dimana Embracer kini dapat menghentikan operasi di Rusia dan mengamankan pekerjaan para developer dibawah kepemilikan independen yang baru.

Namun tentunya tidak semua bagian dari Saber yang dibeli oleh Beacon. Berikut adalah studio-studio yang ikut dibeli oleh Beacon Interactive:

Beberapa studio yang kini masih tetap bersama Embracer akan berada dibawah naungan 4A Games. Berikut adalah studio-studio dari Saber yang kini berada dibawah 4A:

Harga Jual Bisa Naik Lagi?

Embracer Group Sedang Restrukturisasi

Meskipun kini telah berpisah, perjanjian ini juga memberikan opsi untuk Beacon agar dapat mengakuisisi 4A Games dan Zen Studios “dalam waktu tertentu”. Menurut Jason Schreier dari Bloomberg, Karch juga mengatakan bahwa Saber juga mengangkut studio-studio tersebut.

Dengan laporan tersebut, besar kemungkinan bahwa harga pembelian bisa mencapai 500 juta US Dollar sesuai kabar-kabar sebelumnya. Namun hingga saat ini syarat dari opsi tersebut masih belum diumumkan.

Menurut Embracer juga, 38 proyek yang sedang dikembangkan juga ikut dalam penjualan tersebut dimana 14 proyek termasuk didalamanya 2 proyek kerja sama dengan Beacon akan tetap bersama Embracer.

Hal ini termasuk dengan game AAA terbaru dari 4A Games yang diindikasikan adalah game Metro dan Killing Floor 3. Mengenai game favorit banyak gamer yaitu Knight of the Old Republic, dikabarkan bahwa game tersebut akan mengikuti Saber Interactive.

Wingefors menjelaskan bahwa penjualan Saber Interactive adalah “transaksi pertama” dari rencana recover yang mereka umumkan dimana hal ini mengindikasikan bahwa akan ada penjualan lainnya termasuk Finalisasi penjualan studio Gearbox yang juga dirumorkan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version