Suara AI ElevenLabs Dikritik setelah Banyak Disalahgunakan

Suara AI ElevenLabs

Suara AI ElevenLabs — Teknologi yang semakin canggih seperti AI sudah sepantasnya perlu mendapat perhatian lebih, mengingat teknologi ini sendiri berkembang semakin cepat dan telah melahirkan banyak inovasi serta karya yang tidak diperkirakan oleh banyak pengguna sebelumnya.

Layaknya perkembangan beragam teknologi yang ada, masih perlu mendapatkan kebijakan atau aturan yang perlu diterapkan ketika akan menggunakan teknologi ini. Hal yang tidak diinginkan pun terjadi pada produk ElevenLabs yang telah disalahgunakan oleh pihak-pihak anonymous untuk hal-hal yang tidak pantas dilakukan pada umumnya.

Suara AI ElevenLabs Digunakan untuk Menduplikasi Suara Tokoh-tokoh Ternama

Seorang Pengguna Duplikasi Suara Joe Biden Dan Emma Menggunakan Suara AI

Produk ini diketahui telah disalahgunakan untuk membagikan beberapa kalimat yang dianggap mengganggu kenyamanan bagi pengguna internet. Beberapa kalimat tersebut ternyata diucapkan dengan menduplikasi suara para tokoh terkenal seperti Emma Watson dan Joe Biden.

Kalimat fiksi yang diucapkan oleh Emma berkaitan dengan apa yang diucapkan oleh Adolf Hitler. Sedangkan kalimat fiksi Biden merupakan permintaannya untuk mengirimkan pasukan ke Ukraina.

Pihak pengembang pun membuka suara terkait hak-hak pengguna yang akan didapatkan dari produk tersebut. Diketahui fitur ‘Voice Labs’ ini mampu menduplikasikan suara yang dihasilkan dengan hanya memberikan sampel suara apapun sesuai dengan target yang ditentukan dan dikembangkan kembali menjadi kalimat yang diinginkan oleh pengguna.

Isi Utas atas Penyalahgunaan Produk AI ini

Pengembang memutuskan fitur Voice Labs akan menjadi fitur premium atau berbayar, yang sebelumnya masuk dalam fitur gratis. Melalui utas twitter resmi mereka, langkah ini diambil guna menanggulangi kejadian ini terjadi lagi di masa mendatang dengan membuat pengguna berpikir dua kali dan harus membayar untuk menggunakan fitur tersebut.

Potensi Penyalahgunaan Teknologi AI Masih Hadir

ElevenLabs

Apapun keputusan mereka, sepertinya ini merupakan langkah yang cukup baik mengingat diluar sana masih banyak pengguna yang justru melakukan dengan tujuan tidak baik serta berpotensi menganggu banyak pengguna internet. Hal ini seperti yang terjadi pada salah satu karya seniman yang dianggap menggunakan AI untuk hasil karyanya karena ciri khasnya yang terlalu mirip dengan hasil teknologi tersebut. Pengawalan lebih lanjut masih diperlukan untuk perkembangan teknologi ini untuk kedepannya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait dengan TECH, AI atau artikel lainnya dari Lazuardi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version