Sudah Lembur, Cyberpunk 2077 Masih Ditunda

in , , , , ,
Cyberpunk 2077 Listing Thumb 01 Ps4 06jun19 En Us
CD Projekt Red kembali menundanya.

Cyberpunk 2077 menjadi judul yang sangat dinantikan oleh para fansnya. Game buatan talenta dingin CD Projekt RED tersebut janjikan pengalaman RPG first-person “vertikal” yang tak mengedepankan open-world layaknya The Witcher 3. Sayang, ambisi developer asal Polandia tersebut untuk mengerjakan gamenya dengan super detil membuatnya harus ditunda berkali-kali. Termasuk setelah mereka dengan lantang mengucapkan bahwa gamenya takkan ditunda setelah mengumumkan tanggal rilisnya pada tanggal 19 November 2020 kemarin.

Benar sekali, CD Projekt RED memutuskan untuk kembali menunda Cyberpunk 2077 untuk yang ketiga kalinya, bahkan setelah pengumuman bahwa mereka rampung mengerjakannya. Kini, mereka akan merilis gamenya pada tanggal 10 Desember 2020. Keputusan yang sangat berat ini disebabkan karena kesulitan untuk merilis gamenya ke semua platform.

CD Projekt RED berdalih bahwa merilis di konsol generasi saat ini, next-gen, dan PC dalam waktu bersamaan menjadi masalah yang harus mereka hadapi. Lebih detil kepala studio Adam Badowski dan CEO Marcin Iwinski jelaskan bahwa mereka perlu melakukan ujicoba sembilan versi Cyberpunk 2077 sembari bekerja dari rumah.

Dengan ujicoba tersebut, CD Projekt RED ingin memastikan bahwa gamenya akan bisa berjalan dengan sangat baik di semua platform. Mereka juga ingin hilangkan day 0 patch dari gamenya. Penundaan ini memberikan cukup banyak waktu selama kurang lebih 21 hari untuk menyelesaikan masalah yang saat ini terjadi.

Cyberpunk 2077 awalnya direncanakan untuk dirilis pada bulan April 2020, namun CD Projekt RED menundanya hingga tanggal 17 September, dan kembali menundanya hingga 19 November 2020. Penundaan kali ini adalah kali ketiga mereka melakukannya, setelah sebelumnya dilaporkan bahwa mereka tengah lembur agar gamenya tak lagi ditunda.

Keputusan lembur yang mereka lakukan dijelaskan secara detil oleh Adam Badowski, kepala studio CD Projekt RED bahwa para staff akan diberikan bayaran ekstra untuk jam kerja lebih yang mereka lakukan. Sementara menurut laporan Kotaku, CEO Marcin Iwinski menjelaskan bahwa mereka takkan lakukan lembur untuk rampungkan Cyberpunk 2077.

Penundaan tersebut menjadi bahan perbincangan di kalangan warganet. Beberapa memakluminya, namun tak sedikit yang meluapkan emosinya setelah CD Projekt RED konfirmasikan bahwa tidak akan ada delay kembali.

Beberapa orang yang telah meminta izin untuk tidak masuk kerja demi memainkan Cyberpunk 2077 pada tanggal 19 November nampak kecewa atas penundaan tersebut. Termasuk salah satu staff social media SteelSeriesUK yang telah meminta izin libur bersama staff SteelSeriesANZ.

Menariknya, jurnalis investigasi Jason Schreier yang umumnya mendapatkan informasi lebih awal bahkan baru saja mengetahui penundaan tersebut bersamaan dengan pengumuman resminya di Twitter. Ia menjelaskan bahwa tim developer CD Projekt RED bahkan baru saja mengetahuinya satu jam sebelum pengumuman tersebut dibuat.


Baca lebih lanjut tentang Cyberpunk 2077 atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.