AMD Sebut Suhu Prosesor Ryzen Berikutnya Bakal Lebih Panas

Suhu Prosesor Ryzen

AMD ungkap bahwasanya seiring dengan perkembangan teknologi manufaktur chip prosesor, penambahan suhu alias panas pada otak komputer akan jadi tak terelakkan. Pihak mereka juga  mengiyakan kalau seri Ryzen kedepannya akan bertambah panas.

Saingan Intel ini memang punya seri Ryzen terbaru 7000 yang gunakan socket LGA. Berbeda dengan tim biru, tim merah dianggap lebih efisien karena punya suhu full load lebih rendah dibanding kompetitornya. Tapi, sepertinya keunggulan ini tidak akan bertahan lama.

AMD Sebut Suhu Prosesor Ryzen Berikutnya Akan Tambah Panas

AMD sebut prosesor mereka berikutnya akan semakin panas

Prosesor Zen4 ini merupakan perkembangan yang cukup masif dibanding Ryzen generasi pendahulunya. Hal ini pun disebabkan oleh semakin padatnya jumlah transistor dalam sebuah chip. Hingga prosesor bisa berjalan dengan lebih efisien dalam proses data dan gunakan daya lebih kecil.

Sayangnya, hukum fisika memang tidak bisa dilawan. Semakin padat transistor berarti semakin banyak panas dihasilkan. AMD juga menyetujui hal itu. Melansir dari laporan QuasarZone (via Wccftech), AMD VP David McAfee ungkap kedepannya suhu prosesor mereka benar-benar akan semakin panas.

AMD Katakan Kerapatan Transistor di Prosesor Jadi Penyebabnya

Wafer prosesor dari TSMC

Alasan yang dikemukakan David ialah, dengan berkembangnya teknologi manufaktur prosesor dimana sudah disebutkan diatas, menambah jumlah transistor dalam ruang yang sama berarti jarak antar transistor tersebut semakin kecil.

Hingga panas yang dihasilkan sudah pasti akan jauh lebih besar lagi. Tapi, representatif AMD tersebut mengatakan kalau mereka telah bekerjasama dengan TSMC untuk pastikan meski semakin panas, setidaknya performa juga meningkat.

Ryzen 7000 sudah punya tingkat panas yang cukup tinggi

Peningkatan suhu ini sebenarnya sudah mulai terlihat di seri Ryzen 7000 saat ini. CPU flagship Ryzen 9 7950X bisa mencapai Tjmax 95 derajat Celcius bisa berjalan full-load dengan cooling mumpuni.

Kalau AMD sendiri mengakui kedepannya suhu CPU die bakal lebih panas dari itu, bukan tidak mungkin suhu akan tembus 100 derajat seperti prosesor Intel. Bagaimana menurut kalian soal ini brott?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version