Suikoden I and II HD Remaster — Game Nostalgia yang Sangat Ditunggu oleh Gamer Tahun 2022

Suikoden I and II HD Remaster

Suikoden I&II HD Remaster – Pada 16 September 2022 yang lalu, industri video game dan juga para gamer dihebohkan dengan pengumuman game yang tidak terduga dari Konami. Dalam sesi acara Konami Tokyo Game Show 2022, telah diumumkan sebuah remaster dari 2 game JRPG klasik populer berjudul Suikoden I and II HD Remaster (Suikoden I&II HD Remaster).

Pengumuman remaster dari game Suikoden I dan Suikoden II mendapatkan banyak respon positif dari gamer terlebih pecinta kedua game tersebut. Itu karena mereka tidak menyangka kedua game legendaris Suikoden ini bisa mendapatkan proyek remaster dari Konami. Meskipun sudah ada clue dari Konami yang dikabarkan baru memperbarui trademark Suikoden sebelum game ini diumumkan dalam acara TGS 2022, para gamer masih tidak ingin berharap banyak dari mereka. Bisa dibilang pengumuman kedua game remaster yang di bundle menjadi satu game ini benar-benar diluar ekspektasi para gamer.

Suikoden I and II HD Remaster Menjadi Game Nostalgia yang Sangat Ditunggu oleh Gamer

Suikoden I and II HD Remaster

Mungkin beberapa kalangan gamer terlebih yang masih muda ataupun belum pernah mencoba bermain kedua game Suikoden ini masih heran kenapa banyak orang yang antusias dengan pengumuman game remaster-nya. Apalagi game-nya memiliki fitur gameplay turn based RPG dimana kurang disukai oleh gamer saat ini dan sudah dianggap ketinggalan zaman bagi mereka.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan alasan-alasan kenapa para gamer termasuk saya sendiri sangat antusias dengan pengumuman game nostalgia ini dan tidak sabar menunggu perilisannya. Tentu saja artikel ini saya jelaskan berdasarkan opini pribadi sebagai salah satu gamer yang telah melalui masa indah bermain kedua game legendaris milik Konami.

Baiklah kita mulai saja pembahasannya!

Apa Itu Suikoden?

Suikoden adalah seri game JRPG yang dibuat oleh Yoshitaka Murayama terinspirasi dari buku novel Cina Water Margin atau Shuihu zhuan. Seri game ini memiliki ciri khas dimana Player akan berpetualang dalam sebuh perang bersama dengan 108 Stars of Destiny yang bisa direkrut. Karakter tersebut akan memiliki peran besar baik itu dalam perang maupun support dibalik layar.

Terhitung ada 5 main game Suikoden dan 6 game spin-off yang memiliki hubungan dengan cerita utama dan juga cerita dari di dunia yang berbeda.

Bagaimana Seri Game Suikoden Bisa Menjadi Populer?

Suikoden bisa menjadi populer setelah beberapa tahun game ini rilis di luar Jepang

Seri game Suikoden pada awalnya dianggap sebagai game JRPG yang tidak terlalu populer bahkan pada saat game pertamanya rilis di dalam maupun luar Jepang. Berdasarkan informasi yang didapatkan, pengembangan game Suikoden dari awal sampai rilis di luar Jepang melalui masa-masa yang sulit dan tertutupi dengan popularitas game JRPG lain seperti Final Fantasy, Dragon Quest dan Tales Series.

Tampilan open world game pertama Suikoden yang semakin cantik

Beberapa tahun setelah game pertama dan kedua rilis di luar Jepang, game Suikoden menjadi sebuah “tambang emas” yang baru saja gamer temukan. Dengan berbagai fitur elemen yang menarik dalam game, mulai dari cerita perang, politik, ideologi karakter sampai bagaimana takdir nasib sebuah negara bergantung pada anak muda, game Suikoden menjadi salah satu JRPG yang berbeda dari game lainnya.

Dari 5 game dari cerita utama Suikoden, kedua game pertamanya yaitu Suikoden 1 dan Suikoden 2 menjadi game yang paling populer dan paling legendaris di industri video game. Terlebih pada game kedua Suikoden yang disebut-sebut sebagai game JRPG terbaik sepanjang masa.

Kenapa Suikoden 2 Disebut Sebagai Game JRPG Terbaik Sepanjang Masa?

Suikoden 2 Disebut Sebagai Game JRPG Terbaik Sepanjang Masa oleh Gamer

Para gamer pasti sependapat bahwa Suikoden 2 menjadi franchise game terbaik di serinya atau bahkan menjadi game JRPG terbaik sepanjang masa. Ada berbagai alasan kenapa game kedua Suikoden ini disebut sebagai game JRPG terbaik sepanjang masa berdasarkan pendapat masing-masing para gamer di seluruh dunia.

Mungkin beberapa orang merasa game kedua Suikoden disebut game JRPG terbaik sepanjang masa dianggap terlalu berlebihan. Apalagi mereka yang tidak setuju dan merasa game JRPG favoritnya lebih baik dari game kedua Suikoden ini. Dan ada juga yang mungkin melakukan “adu mekanik” game JRPG favorit mereka dengan game ini, baik dari segi gameplay, grafis dan juga tanggal perilisannya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Bagi saya pribadi, Suikoden 2 disebut game JRPG terbaik sepanjang masa adalah hal yang sepatutnya diberikan pada game nostalgia ini. Berbagai elemen pada game tersebut, mulai dari segi story sampai fitur gameplay memberikan kesan yang tidak akan pernah saya dan gamer lupakan.

Suikoden I&II HD Remaster Menjadi Pengumuman Game Terbaik dari Konami dalam Beberapa Tahun Terakhir

Salah satu momen nostalgia di Suikoden 2

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengumuman game Suikoden I&II HD Remaster benar-benar diluar ekspektasi para gamer. Apalagi Konami sering mendapatkan respon negatif dari para gamer. Bahkan mereka selalu memiliki kesan terhadap Konami yang tidak jauh dari kata game pachinko mereka.

Dan kini, siapa yang menyangka Konami akan membangkitkan franchise game Suikoden mereka setelah bertahun-tahun seri ini tidak ada pengumuman game baru atau remaster. Ada sih mereka mengumumkan seputar game Suikoden, tapi itu hanya sebatas port yang rilis di PSN beberapa tahun yang lalu.

Bisa dibilang pengumuman remaster dari kedua game pertama Suikoden ini menjadi pengumuman game terbaik dari Konami dalam beberapa tahun terakhir ini. Tidak hanya saya saja yang berpikiran seperti ini, gamer lain dan juga penggemar Suikoden pasti berpikir hal yang sama dengan saya.

Nostalgia Menjadi Alasan Utama Meskipun Ada Beberapa Hal yang Bikin Kecewa

Cerita Suikoden II dimulai dari sini

Kehadiran remaster dari kedua game pertama Suikoden ini jelas-jelas berfokus pada nostalgia para gamer. Konami dengan saja mengumumkan game tersebut pada saat Eiyuden Chronicles yang dibuat oleh mantan para staf kreator Suikoden termasuk Yoshitaka Murayama dan hadir dalam persentasi mereka di acara Tokyo Game Show 2022. Mereka tahu bahwa gamer sedang menantikan game spiritual successors Suikoden. Belum lagi pihak Konami mengajak kembali para kreator Suikoden untuk mengembangkan versi remaster ini yang hadir pada saat persentasi mereka di TGS 2022.

Dibalik hype game remaster Suikoden, beberapa gamer mungkin ada yang merasa kecewa setelah melihat gameplay-nya diperlihatkan di Tokyo Game Show 2022. Salah satunya adalah pada menu UI yang dianggap terlalu biasa dan kualitas sound terdengar buruk bagi mereka.

Meskipun begitu, saya dan gamer lain tidak terlalu memikirkannya. Bisa jadi UI dan kualitas sound dalam game yang diperlihatkan pada acara TGS 2022 masih versi early dan developer akan memperbaikinya menjadi lebih baik. Semoga saja.

Ditunggu Perilisan Game Suikoden I&II HD Remaster

Suikoden I&II HD Remaster — Game Nostalgia yang Sangat Ditunggu oleh Gamer

Jadi, wajar saja game Suikoden I&II HD Remaster menjadi salah satu game yang sangat ditunggu oleh gamer berkat elemen nostalgianya. Hampir para gamer yang menantikannya kebanyakan adalah gamer tua yang sudah melalui masa-masa kecil mereka dengan game Suikoden I dan Suikoden II, termasuk saya sendiri.

Apakah kalian siap bernostalgia kembali dengan kedua game Suikoden yang telah mendapatkan versi remaster-nya yang rilis tahun depan?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Suikoden atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version