Suikothon III — Event Speedrun Game Suikoden Telah Dimulai, Ada 2 Pemain Indonesia!

Suikothon Iii

Suikoden merupakan salah satu game JRPG yang sangat populer dikalangan gamer, terutama gamer Indonesia. Seri game JRPG yang satu ini ternyata memiliki event speedrun. Event tersebut bernama Suikothon.

Sekilas tentang Suikothon

Suikothon III — Event Speedrun Game Suikoden Telah Dimulai, Ada 2 Pemain Indonesia! 5

Suikothon sendiri merupakan salah satu event terbesar dari komunitas Suikoden. Dimana sebelumnya event ini berlangsung dari tahun 2020. Suikothon III sendiri sudah dimulai pada tanggal 23 September hingga 26 September 2022.

Event ini merupakan event dimana para speedrunner memainkan game Suikoden serta game yang mirip dengan game tersebut. Menariknya, pada acara tahun ini ada 2 speedrunner asal Indonesia!

Kedua pemain tersebut adalah Mbahwin dan srd_27. Mereka akan bermain dan menyelesaikan game – game yang dihadirkan secepat mungkin. Kalian dapat menonton streamnya secara live melalui channel RPGLimitBreak yang merupakan salah satu channel speedrun yang sering menggalang dana untuk amal.

Mbahwin dan srd_27, Speedrunner Suikoden dari Indonesia.

Suikothon III — Event Speedrun Game Suikoden Telah Dimulai, Ada 2 Pemain Indonesia! 6

Kami berkesempatan untuk berbicara sedikit bersama Mbahwin dan srd_27. Srd_27 merupakan salah satu penyelenggara event Suikothon dan aktif dalam membangun komunitas Speedrun untuk game Suikoden.

Srd_27 mengatakan bahwa event ini merupakan ajang showcase dan juga memperkenalkan game Suikoden kepada komunitas Speedrun dan juga mengenalkan Speedrun pada komunitas Suikoden.

Kedua speedrunner ini sangat menyukai seri Suikoden. Keduanya memiliki cerita yang sedikit mirip ketika mengenal Suikoden pertama kali. Mereka mengenalnya sejak kecil ketika melihat kerabatnya bermain game tersebut.

Suikothon III — Event Speedrun Game Suikoden Telah Dimulai, Ada 2 Pemain Indonesia! 7

Speedrunning sendiri merupakan hal yang cukup unik. Pemain harus menyelesaikan game secepat mungkin diluar waktu umumnya pemain menyelesaikan game tersebut. Tentunya hal ini dilakukan dalam satu kali permainan.

Bagi srd_27 dan Mbahwin, dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk melakukan Speedrun. Manajemen waktu untuk melakukan break sejenak juga penting seperti minum dan sebagainya.

Selain manajemen waktu, menyisihkan waktu luang sebelum melakukan speedrun sangat penting agar tidak ada gangguan ataupun hal yang menghambat kegiatan tersebut. Tubuh yang fit juga menjadi hal penting lainnya ketika melakukan Speedrunning.

Pada event ini, srd_27 akan melakukan 3 Speedrun dan Mbahwin akan melakukan 1 Speedrun. Kedua pemain memilih untuk melakukan speedrun dengan taktik yang konsisten namun sedikit lebih lambat dari taktik terbaik dalam speedrun kategori tersebut.

Keduanya mengatakan bahwa event ini merupakan ajang showcase sehingga mereka tidak ingin terburu – buru dan menggunakan taktik yang kurang konsisten dan dapat merusak speedrun.

Sebagai informasi, srd_27 memegang rekor untuk beberapa kategori yang ia mainkan pada event ini. Sementara itu untuk Mbahwin, kategori yang ia mainkan bukan merupakan kategori resmi dalam speedrun.

Jadwal Event Suikothon III

Suikothon III — Event Speedrun Game Suikoden Telah Dimulai, Ada 2 Pemain Indonesia! 8

Hari pertama akan dimulai pada tanggal 23 September 2022. Akan ada 4 Game yang dimainkan pada hari ini yaitu Suikoden, Suikoden V, Suikoden Woven Web of the Centuries dan Suikoden IV. Acara dimulai pada jam 01:00 WIB dengan game Suikoden. Dan jam 17:10 srd_27 akan bermain game Suikoden Woven Web of the Centuries.

Hari kedua pada tanggal 24 September 2022. Akan ada 3 game yang akan dimainkan yaitu Suikoden Tactics, Suikoden III, dan Suikoden II. Tidak ada pemain indonesia yang bermain pada hari ini. Namun jika kalian menyukai game tersebut, kalian dapat mengunjungi channel RPGLimitBreak di Twitch.

Hari ketiga pada tanggal 25 September 2022 nanti Mbahwin dan srd_27 akan berpatisipasi dalam speedrun. Mbahwin akan memainkan game Suikoden II dengan jalur Bad Ending pada jam 11:50 WIB dan srd_27 akan memainkan Suikoden Card Stories pada jam 22:30 WIB.

Hari terakhir pada tanggal 26 September 2022 ada 5 game yang akan dimainkan. Pada hari terakhir ini, srd_27 akan bermain game Exit Fate, yang merupakan game JRPG yang mirip dengan Suikoden. Srd_27 akan bermain pada jam 15:00 WIB.

Untuk waktunya sendiri, Mbahwin akan menyelesaikan Suikoden II Bad Ending dalam waktu kurang lebih 5 jam 40 menit. Sementara itu, srd_27 akan menyelesaikan Suikoden: WWotC dalam waktu 5 jam 40 menit, Suikoden Card Stories dalam waktu 2 jam 40 menit, dan Exit Fate dalam waktu 8 jam.

Wah, semoga beruntung ya untuk Mbahwin dan srd_27. Bagi yang tertarik untuk menonton event speedrun ini kalian dapat mengunjungi channel RPGLimitBreak di Twitch.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version