Sukses Keras, Cuphead Diplagiat Banyak Developer Game Mobile

in ,
Kini giliran Cuphead.

Kesuksesan sebuah video game mungkin bisa menjadi “pedang bermata dua”, di satu sisi ia menjadi dielu-elukan oleh para fans dan membuat banyak orang mendukung developer dengan membeli gamenya, di sisi lain ia menjadi “inspirasi” bagi para developer kurang kreatif di luar sana yang memanfaatkan kesuksesannya dengan membuat video game yang sangat mirip atau sama persis dengannya.

Hal ini terjadi tidak hanya pada game buatan developer besar sejenis Blizzard dengan Overwatch-nya dan PUBG Corp dengan PUBG buatannya, namun juga developer indie dotGEARS dengan Flappy Bird-nya. Kini rupanya para developer kurang kreatif tersebut meniru game yang sempat membawa kesuksesan bagi Studio MDHR, Cuphead.


https://youtu.be/wnpDOUnWSsU


Jika kamu telusuri di Google PlayStore, maka kamu akan menemukan banyak sekali game-game plagiat Cuphead. Beberapa diantaranya bahkan menamai gamenya sama persis dengan Cuphead, karakternya-pun sama persis dengan game orisinalnya. Bisa kamu lihat sendiri di atas, terdapat game bernama Cuphaed Adventure, CupHead Jump!, atau Cup Hero Head. Beberapa review game tersebut juga sangat buruk, ada yang mengatakan bahwa gamenya tidak bisa di close karena iklan yang sangat mengganggu.

Seperti yang telah sebelumnya kami katakan, beberapa game plagiat tersebut sebelumnya memang sempat membanjiri Google PlayStore, mulai dari plagiat Overwatch hingga Flappy Bird. Game-game tersebut akan tetap ada jika Google tidak melakukan sesuatu untuk mengatasi game-game plagiat yang “cukup meresahkan” ini.

Source: Gamerant

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.