Sultan Arab Saudi Membeli Saham Nintendo Lebih Banyak Lagi

Sultan Arab Saudi Membeli Saham Nintendo

Sultan Arab Saudi Membeli Saham Nintendo – Beberapa bulan yang lalu, gamer dikagetkan dengan adanya pembelian saham Nintendo oleh seorang Sultan dari Arab Saudi. Tidak main-main, pembelian tersebut memiliki nilai nominal yang tidak sedikit.

Dan kali ini, Sultan yang sama pun dikabarkan baru saja memeli lebih banyak lagi saham Nintendo.

Sultan Arab Saudi Membeli Saham Nintendo Lebih Banyak Lagi, Jadi Investor Terbesar Kelima Nintendo

Arab Saudi Membeli Saham Perusahaan Nintendo

Negara Arab Saudi menaikkan invenstasi mereka terhadap Nintendo yang semulanya 5% saham menjadi 6% melalui Public Investment Fund (PIF). PIF sendiri adalah sebuah yayasan kedaulatan yang bertujuan untuk menginvestasikan dana, yang dikepalai oleh putra mahkota Mohammed bin Salman.

Pembelian saham Nintendo sebelumnya dilakukan oleh PIF seharga Rp 43 Triliun. Pemborongan saham-saham developer dan publisher video game cukup gencar dilakukan Arab Saudi sejak tahun 2022.

Memang, industri video game sangat berkembang pesat jika kita bandingkan dengan kondisi 10 tahun lalu. Sehingga banyak pembisnis yang tergiur untuk terjun menjadi investor dalam industri yang semakin ramai dan inovatif ini, tak terkecuali negara sekelas Arab Saudi

Dikutip dari GameRant, Melewati PIF, Arab Saudi menambahkan nilai investasi mereka menjadi 6% terhadap Nintendo. Pembelian ini menandakan Arab Saudi menjadi investor terbesar kelima perusahaan video game terbesar di Jepang saat ini.

Nintendo Shop Jepang

Lantas, kenapa Arab Saudi tiba-tiba sangat gencar melakukan investasi ke berbagai perusahaan video game? Hal ini merupakan terobosan pemerintah Arab Saudi dalam mengurangi ketergantungan pundi-pundi ekonomi lewat minyak bumi dikerenakan persediaan yang kian menipis dan masuk kedalam energi yang tidak bisa diperbarui. Membuat Arab Saudi ingin melebarkan sayap industri mereka ke berbagai sektor, termasuk dunia video game.

Selain saham Nintendo, sejak awal 2022 Arab Saudi sudah membeli saham berbagai publisher dan developer game. Bebeerapa diantaranya dalah Capcom, Nexon, Electronic arts (EA),Acitivision Blizzard, Take-Two. Pembelian saham terbesar ada pada akuisisi SNK sebesar 96%, menjadikan Arab Saudi sebagai pemilik dari studio game yang meracik Metal Slug dan King of Fighters ini.

Rumor Nintendo Switch Pro Batal Produksi, Nintendo Bakal Fokus ke konsol Next-Gen

Rumor Nintendo Fokus Ke Next Gen

Masih pada kubu Nintendo, beredar informasi bahwa Nintendo Swith Pro dibatalkan kerena Nintendo ingin fokus ke pengembangan konsol Next-Gen. Belum ada konfirmasi langsung dari Nintendo mengenai pengembangan ini, informasi tersebut didapat oleh pengamat industri video game bernama John Linneman dari Digital Foundry

Berdasarkan informasi dari John Linneman, banyak developer game mengakui bahwa mid-generation Nintendo Switch pada awalnya ada direncanakan oleh Nintendo. Namun hingga saat ini proyek tersebut masih belum ada diumumkan, Nintendo terlihat seperti ingin lebih fokus untuk membuat konsol terbaru mereka.

Bagaimana? Menurutmu Apakah Arab Saudi akan punya proyek besar video game yang akan melibatkan Nintendo?


Baca berita terupdate Gamebrott terkait Nintendo dan informasi gaming menarik lainnya dari saya Ananda Pratama. For any further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com.

Exit mobile version