Super Mario 3D All-Stars Hilangkan Voiceline “So Long, Gay Bowser” di Super Mario 64

in ,
Super Mario 64 Bowser

Ratusan meme lahir dair Super Mario 64 dan salah satunya ialah teriakan “So long, gay Bowser” yang dilontarkan Mario setiap kali melempar Bowser di boss fight. Pengisi suara Mario membantah ia mengucapkan “gay Bowser” di game tersebut melainkan “king-a Bowser”, namun netizen menolak percaya klaim sang pengisi suara hingga saat ini.

Dengan perilisan Super Mario 3D All-Stars, Nintendo telah buang quote ikonik tersebut dan menggantinya dengan “Buh-bye”. Dilansir dari Kotaku, hal ini diakibatkan Super Mario 3D All-Stars gunakan file Super Mario 64 Shindou Pak Taiou (versi updated Jepang) ketimbang file ROM versi US atau PAL yang banyak dimainkan orang.

Pada saat game dirilis, warga Jepang mengenal Bowser sebagai “King Kooper”, maka untuk mencegah kebingungan, Nintendo mengganti voiceline di boss fight dengan “Buh-Bye”. Versi Shindou Pak Taiou tersebut juga telah perbaiki banyak glitch yang ada di versi lama, membuat teknik yang banyak dilakukan para speedrunner tak dapat diaplikasikan di versi ini. Tampaknya Nintendo sengaja memilih versi ini karena ia adalah versi “terbaru” dan paling “bug-free” dari semua versi Super Mario 64 yang ada.

Hilangnya “gay Bowser” memancing reaksi banyak netizen di sosial media. Tentunya perubahan kecil ini tidak pengaruhi gameplay sama sekali, namun mereka menyayangkan hilangnya salah satu hal yang membuat game tersebut memorable di banyak hati gamer tua.

Super Mario 3D All-Stars telah dirilis di Nintendo Switch, fans masih mengharapkan Nintendo bakal rilis patch yang bawa kembali “gay Bowser” ke dalam game, namun kecil kemungkinan hal tersebut akan terjadi.


Baca pula informasi lain terkait Mario beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.