Super Smash Bros Ultimate Raih Gelar sebagai Game Fighting Terlaris Sepanjang Masa

in ,
Belum setahun rilis, sudah bukukan rekor yang sangat membanggakan

Selama 28 tahun lebih, Street Fighter 2 telah lama sukses mencitrakan diri sebagai satu pelopor yang mampu menyuburkan keberadaan game-game Fighting. Dengan menghadirkan banyaknya segudang keikonikan baik dari segi karakter, cerita, dan latar yang cukup menebarkan pengaruh pada keberadaan game-game sekarang, game buatan Capcom ini sudah lama dinobatkan sebagai game Fighting dengan penjualan terlaris sepanjang masa, yakni melalui torehan 15,5 Juta kopi yang nampak cukup sulit untuk disamai atau dilampaui oleh game fighting manapun.

Namun pada tahun 2019 ini, sepertinya ada sebuah anomali yang perlahan mampu mendobrak kesolidan dinasti yang sudah lama dibangun oleh game Street Fighter 2 (beserta dengan beragam bentuk iterasinya). Karena secara mengejutkan, posisi kuat dari game tersebut nyatanya telah mulai sukses dilampaui oleh game Super Smash Bros Ultimate buatan Nintendo.

Dilansir melalui hasil laporan penjualan yang sudah Nintendo infokan secara publik, game Super Smash Bros Ultimate kabarnya telah mereka klaim sebagai satu game fighting dengan raihan komersil terbaik di dunia. Dengan total 15,7 juta kopi yang sudah Nintendo jualkan, raihan mahkota game fighting terlaris kini sudah tidak lagi dapat dikenakan oleh game Street Fighter 2.

Hasil yang cukup mengejutkan ini kebetulan juga ikut mengkontribusikan seri Smash sebagai salah satu franchise yang paling laku keras di sepanjang sejarah industri game. Apalagi ketika melihat game eksklusif Switch tersebut dalam hitungan kurang dari sebulan saja sudah laris terjual hingga 12 juta kopi.

Mengingat game Super Smash Bros Ultimate hadir dengan usia yang masih belum seumur jagung sejak rilis pada tanggal 7 Desember 2018 kemarin, apa yang baru saja berhasil Nintendo capai nampak terasa sangat spesial. Sebagai game yang mampu menyatukan seluruh deretan karakter-karakter game lain yang tersebar di penjuru platform (termasuk Ryu dan Ken dari seri Street Fighter juga), Super Smash Bros Ultimate memang adalah suatu karya yang sangat diekspektasikan besar oleh Nintendo dan juga para pemainnya.

Di satu sisi, peran Street Fighter 2 tetaplah tidak boleh kesampingkan begitu saja. Game tersebut harus diakui juga ikut membawa inovasi dalam menghadirkan rangkaian gameplay adu gelud yang sangat asyik serta teknikal untuk dimainkan.

Terutama ketika kamu sedang sibuk menguasai jurus-jurus unik para karakternya yang biasa dikeluarkan dengan memutar gerakan arah pad dalam seperempat hingga satu lingkaran penuh (bahkan ada yang zig-zag). Kamu yang pernah memainkan seri Street Fighter dan game fighting 2D manapun pasti tidak akan merasa asing dengan hal tersebut.

Sumber: Nintend0 (via Digital Trends)


Baca pula informasi lain terkait Super Smash Bros, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]