Survei: Hanya 6% Developer yang Merasa Steam Berhak Ambil 30% Pendapatan Mereka

in ,

Selama bertahun-tahun, Valve telah menentukan sistem bagi hasil dimana mereka mengambil 30% dari hasil penjualan milik developer. Awalnya hal tersebut tidak terlalu dipermasalahkan developer, tetapi perlahan-lahan, perusahaan merasa layanan Steam tidak berhak mengambil sebanyak itu.

Hal ini mendorong munculnya kompetitor baru seperti Discord Store dan Epic Games Store. Dengan janji sistem bagi hasil yang lebih menguntungkan developer, beberapa game yang seharusnya dirilis ke Steam beralih ke kedua platform baru tersebut seakan untuk mendorong Valve segera merubah sistem mereka.

Lewat konferensi game developer tahun ini, ribuan data didapatkan lewat survei yang para organizer lakukan. Dari 4000 respon yang didapatkan, hanya 6% yang setuju akan kebijakan 30% dari Steam. 32% diantaranya menjawab “tidak”, 27% menjawab “mungkin tidak”, 17% menjawab “mungkin”, dan 17% lainnya menjawab “tidak yakin”.

Diluar dari hasil survey yang mayoritas memberikan respon negatif ini, para responden juga akui apabila mayoritas hasil penjualan game PC mereka datang dari Steam. Dari 4000 responden yang disurvei, mereka menyebutkan apabila lebih dari 75% hasil penjualan game datang dari Steam. Platform milik Valve tersebut masih menjadi sumber utama keuntungan mereka dibandingkan platform lain seperti GOG atau website third-party seperti Humble Bundle.

Sistem bagi hasil 70/30 dari Steam mungkin terasa kurang bagi banyak developer, tetapi melihat komunitas layanan tersebut masih menjadi yang terbesar dibandingkan platform lain, mau tak mau mereka harus menerima keputusan dari Valve tersebut. Epic Games Store mungkin terlihat menjanjikan serta komunitasnya juga tak kalah besar dari Steam, tetapi melihat banyak gamer PC yang sudah terlalu menikmati Steam dan sulit untuk beralih ke platform lain, developer masih harus pikir dua kali untuk pindah platform, terkecuali dapatkan kerja sama tertentu dengan platform baru tersebut seperti yang terjadi pada Port PC Journey, The Walking Dead: The Final Season, World War Z, dan lain-lain.

Source: Gamesindustry.Biz

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.