Susul Apple, Microsoft Jadi Perusahaan Bernilai $1 Triliun

building 10118761920

Setelah harga capital market Microsoft mencapai $ 1 triliun pada jumat lalu, nampaknya kini Microsoft sudah menyusul Apple, perusahaan meraih evaluasi tinggi setelah membukukan hasil keuangan kuartal ketiga mereka. Bagaimana hal itu terjadi? Gaming ternyata ikut memainkan peran, tetapi bukan sebagai faktor utama.

Bahkan, pada pangsa game sebenarnya sedikit mengecewakan bagi Microsoft, meskipun terlihat peningkatan pendapatan sekitar 5 persen dari tahun ke tahun, yang sebagian besar didorong oleh penjualan dan layanan perangkat lunak Xbox. Secara keseluruhan, $ 2,36 miliar yang diperolehnya dari pangsa game masihlah lebih rendah dari yang mereka harapkan. Walau begitu, Microsoft masih melihat peluang besar dalam bermain pada pasar game.

Sebagian besar pendapatan perusahaan dikarenakan konsol Xbox-nya. Sebagian juga diimbangi dari pendapatan PC Microsoft, yang melonjak 8 persen menjadi $ 10,7 miliar kuartal terakhir dan tentu saja lebih baik dari yang diharapkan.

“Di Windows, pasar PC secara keseluruhan lebih kuat dari yang kami perkirakan didorong oleh peningkatan pasokan chip yang memenuhi permintaan konsumen Q2 komersial dan premium yang tidak terpenuhi serta permintaan komersial Q3 yang lebih baik dari yang diharapkan,” kata kepala keuangan Microsoft Amy Hood.

Dari segi persentase, Microsoft melihat keuntungan terbesar dalam pendapatan cloud-nya. Pendapatan cloud naik 41 persen tahun ke tahun.

Di Amerika sendiri Microsoft menjadi perusahaan AS ketiga yang mencapai $ 1 triliun, setelah menyusul Amazon dan Apple yang terlebih dahulu mendapatkan predikat sebagai perusahaan yang mempunyai nilai $ 1 triliun.

Bisakah Microsoft mempertahankan penilaian semacam itu? Itu tergantung pada berbagai faktor. Microsoft memperingatkan bahwa “persaingan ketat” di setiap pasar dapat menyebabkan penurunan pemasukan. Namun, jika dilihat lebih teliti bahwa saat ini adalah tahun yang kuat bagi Microsoft. Windows 10 juga terus mendapatkan kemajuan dalam pendistribusianya dengan pengguna Windows 10 sekarang berada disekitar 800 juta perangkat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainya tentang game dan tech dari Rizki.

Exit mobile version